Sukses

Gibran Sentil Mahfud: Mohon Dijawab Pertanyaan Saya, Enggak Perlu Ngambang ke Mana-Mana

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berdebat dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud Md terkait Carbon Capture and Storage.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berdebat dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud Md terkait Carbon Capture and Storage.

Diawali dengan kesempatan Gibran bertanya kepada Mahfud. Walikota Solo itu kemudian menanyakan kepada Mahfud tentang bagaimana regulasi Carbon Capture and Storage.

Mahfud kemudian menjelaskan pembuatan tentang regulasi dan dimulai dari naskah akademik. Namun, jawaban Mahfud tak membuat Gibran puas.

"Prof Mahfud menjawab 2 menit, tapi pertanyaan saya belum dijawab sama sekali. Apa regulasi untuk Carbon Capture and Storage? Simpel sekali. Mohon dijawab sesuai pertanyaan. Enggak perlu ngambang kemana-mana," kata Gibran.

Mahfud pun menjawab. "Jadi begini Mas Gibran, di dalam ilmu hukum misalnya saya tanya kepada Anda sekarang bagaimana cara membuat antariksa nasional. Anda pasti enggak tahu. Karena hukum itu perlu masalahnya dulu apa yang mau dibuat, itulah perlu naskah akademik. Di dalam Perpres disebutkan, buat naskah akademik, nanti dinilai bersama, dibahas. Naskah akademik itu yang akan menentukan bagaimana prosedurnya," kata Mahfud.

"Kalau Anda ditanyakan hal baru, buat naskah akademik dulu, lalu kita diskusikan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gibran: Hati-Hati Pencurian Data, Kuatkan Cyber Security

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengingatkan pentingnya Cyber Security. Ini penting untuk melindungi masyarakat dari pencurian data.

Hal ini diungkapkan Gibran dalam debat calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam.

"Selain pinjol dan judi online, mungkin kita juga harus hati-hati dengan pencurian data. Untuk itu harus kita kuatkan cyber security dan cyber defense kita," kata Gibran di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam.

"Itu sudah kita lakukan di Solo. Di Solo Tekno Park ada sekolah cyber security dan yang perlu ditekankan lagi adalah bagaimana e commerce bisa compile dengan regulasi kita. Jadi sudah tidak ada lagi di depan price dumping, barang-barang crossborder yang membunuh UMKM."

"Harus ada penguatan SDM, penguatan manusia digitalnya. Karena itu kita ingin anak muda ikut andil dalam hilirisasi digital yang akan kita canangkan sebentar lagi," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.