Sukses

Ganjar Pranowo Blusukan ke Pasar Kliwon Solo, Ditanya soal KTP Sakti

Ganjar menjelaskan, KTP Sakti merupakan kartu yang akan menyatukan seluruh integrasi data dan bantuan untuk masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo melanjutkan blusukan memasuki Pasar Kliwon Solo usai berolahraga di Car Free Day (CFD). Di sana, dia ditanyakan berbagai hal oleh para pedagang, salah satunya program KTP Sakti.

"Ya sebenarnya masyarakat sudah mulai bertanya program saya karena apa yang kita jelaskan berarti sampai ke masyarakat, tidak hanya bicara gimik, tapi orang mulai bertanya program. Apa itu pak KTP Sakti atau kartu yang bisa mengintegrasikan seluruh data," ujar Ganjar usai blusukan di Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Ganjar pun menjelaskan, KTP Sakti merupakan kartu yang akan menyatukan seluruh integrasi data dan bantuan untuk masyarakat Indonesia.

"Ya KTP biasa. Terus gimana, maksudnya kalau saya dapat bantuan macam-macam itu apa bedanya dengan kartu itu. Loh kartu ini menyatukan semua, jadi berdasarkan NIK kita akan bisa melihat profil semua orang, sehingga bantuan bisa masuk dengan cara yang lebih gampang," jelas dia.

Nyatanya, kata Ganjar, program yang digagas paslon nomor urut tiga itu mendapatkan respons positif sampai ke akar rumput.

"Respon itu ternyata di mata masyarakat bagus. Satu, mereka sadar bahwa data mesti diperbaiki. Dua, mudah cara penggunaannya. Maka kita sampaikan," Ganjar menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Pranowo Lanjutkan Kampanye di Solo hingga Sragen

Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo melanjutkan jadwal kampanyenya di Jawa Tengah. Dia akan ikut serta melakukan pemantauan persiapan perayaan Natal di gereja hingga menghadiri dialog bersama masyarakat.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com, Minggu (24/12/2023), Ganjar Pranowo mengawali hari dengan berolahraga di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo dan dilanjutkan sarapan di warung sekitar.

Selanjutnya, dia akan meresmikan Posko Ganjar-Mahfud di Pasar Notoharjo atau Pasar Kliwon dan menghadiri peresmian Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud Banyuanyar, Banjarsari.

Kemudian, Ganjar dijadwalkan menghadiri deklarasi Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) untuk Ganjar-Mahfud di De Tjolomadoe. Kegiatan disusul dengan memantau persiapan Natal di Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani No.10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres.

Tengah hari, dia direncanakan makan siang di Burjo Sadulur Kuningan (SK) 2, Jalan KH Masykur, Jebres dan menghadiri apel siaga Satgas PDIP DPC Kota Surakarta di Taman Sunan Jogo Kali.

Ganjar juga akan hadir dalam pertemuan dengan TPD dan Caleg partai koalisi se-Karanganyar, Jalan KH Samanhudi, Badran Asri, Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, Ganjar juga akan menghadiri diskusi dengan milenial, Gen Z, dan perempuan se-Karanganyar di Rumah Koordinator Relawan Milenial. Kemudian, akan ada pertemuan dengan TPC, Caleg Partai Koalisi, serta relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen.

Masuk malam hari, dia menghadiri bincang ringan dengan milenial, Gen Z dan Perempuan se-Sragen di Basecamp WIYAS. Agenda ditutup dengan ngopi dan ngobrol bareng dengan pengrajin batik se-Sragen di Batik Windasari Kliwonan, Desa Kliwonan, Sragen.

 

3 dari 3 halaman

Ganjar Pranowo Menginap di Rumah Warga Saat Kampanye di Solo

Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menemui ratusan masyarakat Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Tidak hanya itu, Ganjar juga memilih untuk menginap di salah satu rumah warga setempat.

Dia tiba pukul 22.55 WIB, pada Sabtu, 23 Desember 2023. Mengenakan jaket putih bertuliskan Ganjar-Mahfud, dia disambut meriah oleh warga.

"Pak Ganjar siapa yang punya, Pak Ganjar siapa yang punya, Pak Ganjar siapa yang punya, yang punya kita semua," kata warga RW 14 bernyanyi menyambut Ganjar Pranowo.

Warga antusias mendukung Ganjar. Mereka berkali-kali meneriakkan "Ganjar Presiden". Aksi masyarakat setempat itu disusul dengan swafoto.

"Ganjar Presiden, Ganjar Presiden, sehat-sehat ya bapak," teriak warga.

Ganjar sendiri sengaja datang dan menginap di rumah warga dalam rangka menyerap aspirasi secara langsung.

Dia menumpang tidur di kediaman salah satu penerima program sekolah gratis yang digagas Ganjar Pranowo untuk mengentaskan kemiskinan, Bagus, seorang lulusan SMKN Jateng.

Salah seorang pedagang jamu, Listianingsih sempat mengobrol dengan Ganjar bersama warga lainnya dan mengaku rindu dengan sosok pemimpin seperti Ganjar, saat masih memimpin Jawa Tengah.

Di matanya, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat dan selalu turun langsung ke lapangan untuk mengetahui sekaligus menuntaskan persoalan di masyarakat.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar menang satu putaran," ungkap Listianingsih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini