Sukses

Catatan Sandiaga Uno untuk Ganjar Pranowo Hadapi Debat Capres Kedua pada Minggu 7 Januari 2024

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Salahuddin Uno mencatat sejumlah masukan untuk calon presiden (capres) koalisi PPP-PDIP, Ganjar Pranowo dalam menghadapi debat capres kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno mencatat sejumlah masukan untuk calon presiden (capres) koalisi PPP-PDIP, Ganjar Pranowo dalam menghadapi debat capres kedua.

Diketahui, debat kedua capres resmi yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu 7 Januari 2024 itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengangkat sejumlah tema.

Tema yang diangkat KPU pada debat capres kedua antara lain, Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

Menghadapi debat tersebut, Sandiaga Uno menekankan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan tetap fokus pada percepatan pembangunan.

"Selain itu, ekonomi masyarakat, khususnya stabilitas harga pangan dan penciptaan lapangan kerja. Kita mantapkan posisi kita sebagai bagian dari keberlanjutan pemerintahan yang akan fokus melindungi rakyat kecil," ungkap Sandiaga Uno di Matraman, Jakarta Timur pada Minggu (24/12/2023).

"Kita akan berjuang untuk rakyat kecil-wong cilik yang selama 10 tahun ini digaungkan oleh Bapak Presiden akan dilanjutkan dengan tas-tes, dengan sat-set, dengan lebih cepat, khususnya untuk ekonomi masyarakat," sambung dia.

Seperti dalam debat capres-cawapres sebelumnya, panggung debat akan menjadi ruang bagi Ganjar-Mahfud Md untuk berbicara langsung kepada masyarakat. Keduanya diungkapkan Sandiaga Uno akan kembali menegaskan soal pemerintahan yang bersih bebas korupsi dan penegakan hukum yang adil.

"Isu utama juga yang terus kita gabungkan adalah pemerintahan yang bersih bebas korupsi dan penegakan hukum yang adil," beber dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stabilitas Ekonomi

Menurut Sandiaga Uno, lewat stabilitas ekonomi ditambah dengan pemerintahan bebas korupsi dan kepastian hukum, maka sektor investasi diyakini juga akan semakin meningkat.

Dengan begitu, kata dia, isu pertahanan dan keamanan negara juga mampu tersolusikan.

"Jika ketiga ini ditegakkan, maka kita punya anggaran lebih untuk bisa berinvestasi di isu-isu yang berkaitan dengan pertahanan," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi alusista dan juga sistem pertahanan kita akan jauh lebih kuat kalau kita punya ekonomi yang lebih meningkat, terutama dalam menghasilkan banyaknya pendapatan," pungkas dia.

 

3 dari 4 halaman

KPU: Total Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit, Dibagi 6 Segmen

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengungkapkan, total durasi debat perdana Pilpres 2024 akan berlangsung selama 150 menit. Durasi debat tersebut terpecah kepada sejumlah sesi, dengan durasi bersih debatnya adalah 120 menit.

"Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU Republik Indonesia, Jakarta, Senin 11 Desember 2023.

Hasyim menambahkan, 11 panelis yang ditunjuk dan menandatangani pakta integritas, sudah bekerja dalam menyusun soal yang akan menjadi bank soal selama debat. Selain itu, mereka sudah dikarantina sejak dua hari lalu agar menjaga profesionalitas.

"Panelis sudah bekerja dan moderator yang akan memimpin debat capres, mereka sudah siap," ucap Hasyim.

 

4 dari 4 halaman

6 Segmen

Komisioner KPU August Mellasz menambahkan, enam segmen tersebut adalah satu, pembukaan pembacaan tata tertib dan penyampaian visi misi dan program kerja.

"Segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja , pertanyaan dan interaksi antara pasangan calon yang lain. Segmen empat dan lima yaitu tanya jawab dan tanggapan di sana akan terjadi proses interaksi tanggapan lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspon antara calon dengan calon yang lain dan terakhir adalah segmen penutup," tandas August.

Debat capres-cawapres perdana pada Pilpres 2024 digelar pada Selasa 12 Desember 2023. Nantinya pada debat perdana tersebut ketiga calon presiden akan beradu gagasan terkait sejumlah tema yaitu Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.