Sukses

Mahfud Md: Sudah Sehat, Insyaallah Besok Aktivitas Lagi

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md mengaku dalam kondisi sehat saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md batal berkampanye di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari ke-28 kampanye. Walaupun demikian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut mengaku dalam kondisi sehat saat ini.

"Benar, tetapi saya sudah sehat. Tadi pukul 11.00 WIB saya sudah takziah (melayat) ke rumah Mas Darwis Darlis di Tegal Parang karena istrinya, Mbak Tri Woro Utami, meninggal dunia. Insyaallah, besok aktivitas lagi," kata Mahfud saat dihubungi dari Jakarta, Senin (25/12/2023), seperti dilansir dari Antara.

Sebelumnya, Staf Khusus Menko Polhukam Bidang Komunikasi Rizal Mustary mengatakan bahwa dokter menyarankan Mahfud untuk beristirahat sehingga tidak jadi kampanye Pemilu 2024 di NTB.

"Dokter menyarankan Pak Mahfud Md. untuk istirahat dahulu beberapa hari setelah menjalani kegiatan yang sangat padat dalam beberapa hari terakhir. Tadi pagi, beliau putuskan tidak jadi berangkat ke NTB. Akan tetapi, rombongan tetap berangkat dipimpin Pak TGB (Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi)," kata Rizal dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, "Tadi malam Pak Mahfud mengunjungi Gereja Katedral dan memberi ucapan selamat merayakan Natal bagi umat kristiani."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TGB Wakili Mahfud di Acara yang Sudah Diagendakan

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md., TGB, mengonfirmasikan kondisi kesehatan Cawapres RI Mahfud Md.

"Beliau sehat, hanya memang TPN merekomendasikan agar beliau istirahat hari ini," kata TGB menjawab batalnya Mahfud berkampanye di NTB saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

TGB menjelaskan bahwa dirinya kemudian diminta mewakili Mahfud dalam kegiatan yang sudah diagendakan di NTB, salah satunya menghadiri acara Relawan Mahfud Guru Bangsa NTB di Hotel Grand Legi, Kota Mataram, NTB, pada pukul 09.00 WITA.

Dalam acara tersebut, Mahfud dijadwalkan untuk menyampaikan orasi serta visi dan misi mengenai urgensi kesejahteraan guru, penegakan hukum dan masa depan demokrasi Indonesia.

"Saya diminta beliau hadir mewakili. Namun, beliau juga tadi memberi sambutan via zoom," kata TGB.

3 dari 3 halaman

Mahfud Md Dinilai Tampil Keren dan To The Point Saat Debat Cawapres

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md tampil memukai dalam debat cawapres Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu.

"Mahfud tampil keren dan meyakinkan serta menyampaikan fakta yang terjadi di lapangan yang riil," ujar Adi dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Adi menyebut Mahfud konsisten bahwa penegakan hukum dan pemberantasan korupsi adalah kunci dalam urusan investasi, ekonomi, pembangunan, dan lainnya. Menurut Adi, argumentasi Mahfud Md sangat meyakinkan meski bukan berlatar belakang ekonomi.

"Seperti biasa, Mahfud tampil apa adanya, tak ada gimick, to the point ke pokok persoalan," kata Adi.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UNI) Syarif Hidayatullah itu menyatakan gagasan yang disampaikan Mahfud dalam debat kemarin dibutuhkan. Mahfud menawarkan gagasan kongkret soal peningkatan ekonomi dengan penegakan hukum yang adil tak pandang bulu.

"Ekonomi, investasi, dan pembangunan tanpa penegakan hukum bisa repot. Mahfud konsisten dengan gagasan orisinalitas, gagasannya hukum jadi panglima," ucap Adi.

Sementara Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menyebut, dari hasil riset perbincangan di media sosial selama debat yang berlangsung dalam rentang waktu 18.00-23.00 WIB, Mahfud merupakan cawapres dengan tingkat perbincangan positif tertinggi sekitar 65 persen, dibandingkan Gibran Rakabuming 48 persen dan Muhaimin Iskandar 33 persen.

Rustika menyebut tingginya sentimen positif Mahfud diikuti dengan emotion trust yang besar mencapai 65 persen. Tertinggi di antara cawapres lainnya. Selanjutnya diikuti emotion anticipation sebanyak 13 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini