Sukses

Ganjar Sambangi Objek Mata Air Cokro, Janji Optimalkan Potensi Desa Wisata di Indonesia

Ganjar Pranowo mengaku, semasa menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah dua periode, banyak hal sudah dilakukan untuk mendorong potensi wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi desa wisata di seluruh Indonesia. Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau keramaian Objek Mata Air Cokro di kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Ada potensi wisata yang ada di Indonesia apakah itu budaya, wisata alam maupun artificial. Di sisi lain tentu event, itu perlu di-create namun yang jadi problem adalah interkoneksi, sehingga paket wisata tidak ada interkoneksi, selebihnya adalah kerja sama dengan pelaku pariwisata," ujar Ganjar di lokasi, Rabu 27 Desember 2023.

Ganjar menambahkan, jika terpilih menjadi Presiden, dirinya bakal mengoptimalisasi ke-10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) agar Indonesia bisa lebih menjadi primadona dalam hal tempat-tempat wisata di mata warga dunia.

DPP tersebut yakni Danau Toba (Sumut), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Likupang (Sulut), Tanjung Kelayang (Babel), Bromo (Jatim), Wakatobi (Sulteng), Morotai (Malut) dan Raja Ampat (Papua).

"10 destinasi itu mesti dituntaskan, kalau itu terjadi itu dijadikan benchmark untuk yang lain. Maka itu bisa menjadi babonnya, sehingga yang lain bisa mengikuti," kata Ganjar.

Ganjar mengaku, semasa menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah dua periode, banyak hal sudah dilakukan untuk mendorong potensi wisata. Salah satunya dengan melalui UU BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) dengan menyalurkan bantuan dana desa Rp1 miliar untuk 1 desa wisata di Jawa Tengah untuk memantik daerah lain bisa mencontoh desa wisata tersebut.

"Banyak sekali desa-desa wisata yang sudah mendapatkan bantuan Rp1 miliar pada saat itu. Manajemennya bagus, pengelolaannya bagus, kita kasih bantuan," jelas Ganjar.

"Inilah yang menjadi potensi-potensi desa wisata yang kelak kemudian contoh-contoh baik ini bisa kita tularkan," Ganjar menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ganjar Minta Doa Restu

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (27/12). Usai pertemuan secara internal, keduanya menyampaikan isi perbincangan kepada awak media. 

"Tentang bangsa dan negara, saya sekolah di sini, lama di sini, beliau sesepuh ya banyak nasehatlah, situasi dan kondisi hari ini yang perlu kita jaga kondusivitasnya, intinya itu saja," kata Ganjar di lokasi, seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Awak media kemudian bertanya, apakah hadirnya Ganjar juga turut meminta restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk pencalonan dirinya sebagai calon presiden 2024. Dia pun mengiyakan hal tersebut.

"Pokoknya doa restu untuk keselamatan apapun ya pencalonan ya bangsa ini, ya semuanya," jawab Ganjar.

Selain restu, awak media lalu bertanya apakah Ganjar juga meminta dukungan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk suara di Pemilu 2024. Sayangnya, hal itu tidak dijawab dengan tegas.

"Ya seluruh masyarakat Jogja kita minta dukungannya," Ganjar menandasi.

Melalui akun Instagramnya, Ganjar menyampaikan rasa terima kasih karena Sri Sultan Hamengkubuwono X karena berkenan menemuinya.

"Hangajeni, hangayomi saha handarbeni. Maturnuwun Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X berkenan menerima dan memberi wejangan kepada saya di Kepatihan Yogyakarta,” tulis Ganjar seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan foto diterima, Ganjar tampak bersalaman erat dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Keduanya juga saling melempar senyum. Selain itu, keduanya pun kompak mengenakan batik yang sama-sama berwarna cerah.

3 dari 3 halaman

Ganjar-Mahfud Janji Sediakan Internet Cepat dan Gratis di Seluruh Sekolah

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud Md bakal menyiapkan program internet cepat dan gratis untuk semua sekolah di Indonesia.

"Ganjar-Mahfud Md menyiapkan program internet super cepat dan gratis bagi semua sekolah di Indonesia. Harapannya ini bisa menjadi pondasi yang baik untuk program zero blank spot, sehingga semua wilayah daerah di Indonesia bisa terhubung dengan cepat dan mudah," ujar Seno dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Seno menyebut, Ganjar-Mahfud menyadari kian banyak cabang ekonomi baru yang sangat familiar di kalangan anak-anak muda. Ini meliputi peluang terbukanya beragam lapangan kerja baru yang harus segera difasilitasi oleh pemerintah.

"Pekerjaan seperti streamer, developer, graphic designer menjadi semakin dibutuhkan dan diminati," kata dia.

Selain itu, Seno mengatakan pemeribtah harus mengatur kepastian hukum dan regulasinya agar ada rasa aman dan nyaman bagi berkembangnya banyak cabang ekonomi baru yang membutuhkan pendekatan adaptif.

"Dalam konteks ini, rekam jejak Pak Mahfud Md sebagai pendekar hukum menjadi sangat relevan," jelas Seno.

Sebelumnya, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md berkomitmen menuntaskan masalah tempat tinggal bagi anak-anak muda atau generasi milenial dan generasi Z.

Seno mengatakan Ganjar-Mahfud akan mempermudah anak-anak muda dalam kepemilikan rumah hunian.

"Masalah perumahan dan hunian bagi anak-anak muda akan dipermudah. Harapannya, beli rumah harus semudah beli motor. Agar bisa jadi jawaban bagi pasangan muda pasca-pernikahan," ujar Seno dalam keterangannya, Selasa 19 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini