Sukses

Kala Gen Z Tanya ke Mahfud Md soal Maling Sandal sampai Bebek Madura saat Live TikTok

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mendapat berbagai pertanyaan unik dari netizen atau warganet saat Live TikTok dan Instagram, Selasa 2 Januari 2024. Salah satunya soal maling sandal di masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mendapat berbagai pertanyaan unik dari netizen atau warganet saat Live TikTok dan Instagram, Selasa 2 Januari 2024. Salah satunya soal maling sandal di masjid.

Mahfud Md lantas menjawab pertanyaan dari netizen bernama Swasti tersebut.

"Prof, apakah berdosa orang yang maling sandal usai salat Jumat," tanya Swasti ke Mahfud, Selasa 2 Januari 2024.

Menurut Mahfud, sesuatu yang baik tidak bisa disandingkan dengan yang tidak baik, sehingga maling tetap dilarang.

"Gini, ya maling itu tetap dosa ya, dilarang, salat ya bagus sebagai kewajiban. Ada salah satu ajaran begini, kalau anda ingin beribadah dengan baik, jangan campur aduk antara yang halal dan yang haram. Itu kan itu salatnya halal, dapat pahala, mencuri sandalnya itu haram," kata Mahfud.

Mahfud juga mendapat pertanyaan unik dari salah seorang netizen Gen Z bernama Feri tentang bebek Madura. Feri mengaku heran lantaran bebek Madura yang semakin hitam, rasanya malah semakin enak dimakan.

Mendapat pertanyaan tentang makanan, sambil tertawa Mahfud mempersilakan penanya untuk menanyakannya ke penjual yang memasak bebek Madura. Sehingga, bisa mendapat jawaban yang lebih pasti.

"Feri, waduh kamu tanya kepada yang masak saja ya, saya tidak tahu juga kenapa yang enak kok jadi hitam, tapi saya menikmati saja. Tapi, karena saya bukan yang masak jadi saya tidak tahu," ujar Mahfud.

Mahfud turut mengajak netizen untuk datang ke Madura secara langsung karena banyak penjual bebek di sana. Sehingga, dapat pula mendapatkan jawaban soal resep yang membuatnya jadi nimmat.

"Nanti kamu mampir ke Madura tuh banyak warung bebek di sana, lalu tanya kenapa kok bisa hitam gitu, tapi kok enak, gitu," kata Mahfud.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kagum pada Mohammad Hatta

Pada Live TikTok dan Instagram ini, Mahfud banyak membagikan ke anak muda warganet kekagumannya terhadap sosok Wakil Presiden pertama, Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Mahfud telah pula berziarah ke makam Hatta di TMP Tanah Kusir, Jaksel, Selasa kemarin.

Mahfud turut mengajak Generazi Z dan Generasi Milenial untuk meneladani sosok Bung Hatta. Selain kesederhanaan, Mahfud mengaku kagum dengan sosok Bung Hatta yang disebutnya sbg Wakil Presiden yang visioner, merakyat, dan sangat anti korupsi.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD meyakini capresnya Ganjar Pranowo sudah menguasai tema debat ketiga. Mahfud mengaku tidak perlu memberikan masukan khusus kepada Ganjar untuk menghadapi debat ketiga.

"Ya, Pak Ganjar sudah tahu itu. Dia sudah menguasai itu, saya sudah bicara. Jadi saya tidak akan memberi masukan khusus," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

 

3 dari 4 halaman

Mahfud soal Debat Capres Ketiga: Ganjar Sudah Siap Segalanya

Mahfud tetap mendampingi Ganjar saat debat nanti. Menurutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu sudah siap segalanya untuk menampung dan melontarkan pertanyaan.

"Tapi saya akan mendampingi karena dia sudah siap, baik untuk menampung pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun untuk melontarkan pertanyaan dalam debat, dia sudah siap segalanya," jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Debat pilpres dilaksanakan sebanyak lima kali dan kini tengah memasuki debat ketiga.

Jadwal debat ketiga Pilpres bakal dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024 pukul 19.00 WIB. Debat ketiga Pilpres 2024 ini diikuti oleh tiga kandidat capres, yaitu Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Debat akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi nasional dengan total durasi 150 menit, sesi debat mencakup enam segmen selama 120 menit, dan sisanya adalah iklan.

Tema debat yang akan dilaksanakan pada debat ketiga Pilpres 2024 adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

 

4 dari 4 halaman

Ganjar Siap Debat Ketiga

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku punya cara tersendiri dalam melakukan modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) di tengah keuangan negara yang terbatas.

Ganjar pun akan menyampaikan strategi-startegi modernisasi alutsista itu pada saat debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpers) pada Minggu, 7 Januari 2024 mendatang.

Adapun, tema debat capres kali ini mengenai pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Kita tunggu dalam debat besok," kata Ganjar saat ditemui di Jepara, Jawa Tengah, Selasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.