Sukses

Anies Kampanye Via Tiktok, Ketua Timnas AMIN: Gen Z Main di Situ, Semua Akan Dirangkul

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjajal kampanye melalui platform media sosial Tiktok.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjajal kampanye melalui platform media sosial Tiktok. Hal itu dilakoninya ketika sedang live dalam perjalanan darat dari Situbondo menuju Gresik, Jawa Timur, Kamis malam 28 Desember 2023.

Ketua Timnas AMIN, M Syaugi Alaydrus menyebut meskipun platform Tiktok biasa digunakan oleh Gen Z, Anies dianggap mampu untuk menggaet suara untuk Pilpres 2024 walaupun belum banyak berpengalaman.

"Kan kelihatan Gen Z yang main di situ, Pak Anies alamiah, bukan yang advance di Tiktok tapi Pak Anies paham elemennya tadi. Jadi beliau berusaha masuk Tiktok. Itu lah semua akan dirangkul oleh Pak Anies," kata Syaugi di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2023).

Ketika ditanya gaya kampanye Anies di platform TikTok meniru gaya kampanye capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan gaya 'Gemoy', Syaugi menyerahkan penilaiannya kepada masyarakat.

"Kalau gemoy silakan ke masyarakat yang menilai. Kita tidak ingin menilai yang lain. Apa yang pasangan nomor 1 lakukan kita lakukan," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan menjajal platform media sosial Tiktok. Anies melakukan siaran langsung Tiktok dengan tema 'Temani Saya di Jalan'.

Live Tiktok itu digelar Anies saat dalam perjalanan darat dari Situbondo menuju Gresik, Jawa Timur, Kamis malam 28 Desember.

Live tersebut cukup mendapat reaksi positif dari warga net. Total viewers live Tiktok Anies mencapai 302.700 akun. Tidak hanya itu, warganet juga tidak segan-segan memberikan hadiah saat live Tiktok atau biasa disebut 'give'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Model Kampanye Terbaru Anies Baswedan

 

 

Saat dikonfirmasi, Anies mengatakan live Tiktok menjadi salah satu model terbaru kampanye yang ia lakoni. "Ooo iya itu salah satu model baru kampanye," kata Anies kepada wartawan di Ponorogo, Jawa Timur, Jumat 29 Desember 2023.

Anies mengatakan, ia ingin menjajal seluruh platform media sosial untuk membahas topik yang tidak terlalu berat.

"Sebenarnya semua jalur media kita ingin menjangkau semuanya, selama ini saya sedang melakukan live. Apapun ya jadi saya coba untuk kemarin kita livenya ketemu muka 'Desak Anies' dan itu livenya serius," cerita Anies.

Acara 'Desak Anies' kerap mengulas tema berkaitan dengan politik dan kebijakan. "Kalau ini (live Tiktok) kami ingin menjangkau semua jadi temanya lebih santai. Ini baru mulai," kata Anies.

Saat ditanya apakah mendapatkan respons positif dari warganet. Anies mengatakan masih menunggu laporan dari tim. Pun Anies akan menjawab seluruh pertanyaan dari warganet selama ia bisa.

"Kelihatannya begitu (respons positif). Saya sendiri enggak perhatikan. Laporannya dari teman-teman," kata Anies.

"Pertanyannya itu bukan sulit, tapi mau dijawab atau enggak," kata Anies.

3 dari 5 halaman

Anies Lanjutkan Kampanye Pilpres 2024 di Sumbar, Cak Imin ke Jawa Barat

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan melanjutkan kampanye Pilpres 2024 dengan menyambangi Sumatera Barat pada Rabu (3/1/2024). Berdasarkan informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN, Anies dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Rabu pagi pukul 08.25 WIB.

Selanjutnya, Anies bakal bertolak ke Tanah Datar, Sumatera Barat. Di sana rencananya akan digelar 'Desak Anies'.

"Pukul 10.30 WIB, Desak Anies. Lokasi di Lapangan Cindua Mato," demikian informasi tersebut.

Pada siang harinya, Anies melanjutkan perjalanan kampanye di Sumbar dengan bertemu para petani di Kabupaten Solok. Anies direncanakan bertemu dengan kelompencapir di Sawah Solok Padang Lindang.

Lalu, pada pukul 14.45 WIB, kampanye Anies di Sumbar diakhiri dengan pertemuannya bersama para simpatisan di Gelanggang Olahraga (GOR) Tanjung Paku atau Gor Alimin Sinapa.

Sementara itu, Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bergerilya di Jawa Barat. Pada pagi hari, Cak Imin akan menghadiri acara bertajuk'NITIP GUS bersama Petani' di area sawah Si Jalak Harupat.

Selanjutnya pada pukul 10.00 - 11.35 WIB, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu akan menghadiri acara Konsolidasi Kader TPS se-Kabupaten Bandung di Gor Voly Ball Si Jalak Harupat.

 

4 dari 5 halaman

Agenda Cak Imin Selanjutnya

Kemudian, pada siang hari menjelang sore Cak Imin melanjutkan perjalanan ke Sumedang, Jawa Barat. Dia dijadwalkan bertemu Laskar Santri.

"Pukul 14.00 - 15.00 WIB konsolidasi Laskar Santri dan doa untuk Sumedang bersama AMIN di Islamic Center Sumedang," katanya.

Sore hari sekira pukul 16.30 - 17.30 WIB, Cak Imin direncanakan berkunjung ke Ponpes Internasional Assyifa Sumedang.

Kampanye Cak Imin di Jawa Tengah bakal berakhir di Garut. Dia bakal mendengar aspirasi anak muda Garut lewat acara 'Slepet Imin'.

"Pukul 19.30 - 21.00 WIB Slepet Imin Garut di Coffee Toffee Garut," tulis informasi tersebut.

5 dari 5 halaman

Anies Baswedan Kunjungi Sumbar untuk Kali ke-4, Apa Alasannya?

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan melanjutkan kampanye Pilpres 2024 pada Rabu (3/1/2024) dengan kembali menyapa masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Tercatat, ini menjadi kali keempat Anies berkunjung ke Ranah Minang sejak diusung sebagai capres.

"Anies menyatakan, selalu senang dapat kembali ke Ranah Minang. Pasalnya, Anies sejak kecil akrab dengan biografi tokoh-tokoh kelahiran Sumatera Barat, semisal Bung Hatta hingga Buya Hamka.

Saya senang sekali setiap kali pulang ke Ranah Minang. Masa kecil saya, saya  menikmati membaca biografi. Dan Biografi tokoh-tokoh yang saya baca banyak sekali adalah tokoh-tokoh kelahiran dari Ranah Minang ini," kata Anies dalam acara 'Desak Anies' di Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024).

"Mereka pejuang-pejuang luar biasa, bisa disebut namanya kita semua tahu lah dari Bung Hatta, Bung Syahrir, Tan Malaka, Natsir, Hamka, kemudian Hj. Rangkayo Rasuna Said, Muhammad Yamin," lanjut Anies.

Anies menilai, tokoh-tokoh asal Sumbar tersebut luar biasa. Bahkan, kata Anies, banyak tokoh asal Sumbar yang mampu berperan aktif untuk kemerdekaan Indonesia di masa lampau.

"Jadi setiap kali mendengar atau kembali ke Ranah Minang ini selalu mengingat masa-masa itu. Ini adalah sebuah tempat yang berhasil kira-kira gini panggilan ibu apa di sini? Amak, Bundo Kanduang. Gini ada banyak pejuang-pejuang tumbuh di sini. Bundo Kanduang melahirkan pejuang-pejuang untuk Indonesia bisa seperti sekarang," terang Anies.

Selain itu, Anies menyebut selalu ada hal baru yang dia dapatkan setiap kali bertandang ke Sumbar. "Itulah sebabnya saya merasa senang sekali dan tiap kali kembali rasanya memang beda seperti juga sekarang ini," ujar Anies.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini