Sukses

Ganjar Irit Bicara soal Persiapan Debat Ketiga Pilpres 2024: Tunggu Besok

Debat ketiga capres akan digelar Istora Senayan, pada Minggu 7 Januari 2024. Kali ini, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama dalam memulai pada segmen satu.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo irit bicara jelang debat ketiga porsi capres pada Minggu, 7 Januari 2024. Adapun debat antar capres akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

"Ya tunggu perdebatan besok," kata Ganjar ditemui usai menghadiri acara deklarasi dukungan dari 'Forum Betawi Rempug' di Cilincing, Jakarta Timur, Sabtu (6/1/2024).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali melaksanakan debat ketiga calon presiden atau debat capres yang digelar Istora Senayan Jakarta pada Minggu 7 Januari 2024.

Tema debat capres cawapres ketiga adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan, pelaksaan debat capres akan bekerjasama dengan media penyelenggara yakni MNC Grup ditambah dengan Garuda TV.

"Sebagaimana pelaksaan debat kedua kemarin, kami sudah melakukan evaluasi dan koordinasi, baik KPU dengan tim paslon dan KPU dengan media penyelenggara," tutur August di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari kemarin. 

August menyatakan, KPU telah menyiapkan dua moderator dalam debat capres ketiga yaitu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki yang merupakan jurnalis dari MNC Grup. Sementara, ada 11 panelis yang telah dipastikan terlibat.

"Kami juga sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan 11 panelis yang mendapatkan tugas menyusun pertanyaan. Mulai malam ini akan dilakukan karantina di tempat di Jakarta," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Panelis Debat Capres Minggu 7 Januari 2024

Lebih lanjut, kata August, format debat Pilpres 2024 termasuk alur dan durasi tidak berubah sebagaimana yang telah dilakuan sebelumnya. Kali ini, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama dalam memulai pada segmen satu.

"Dimulai oleh calon presiden nomor urut tiga," August menandaskan.

Berikut 11 orang nama panelis yang sudah terkonfirmasi menjadi panelis debat capres pada Minggu 7 Januari 2024:

1. Prof Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

3 dari 3 halaman

Ganjar soal Jokowi Makan Malam Bareng Prabowo: Itu Sudah Menunjukkan Sikap Berpihak

Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, merespons mengenai pertemuan empat mata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menurut Ganjar pertemuan bertajuk makam malam itu menunjukkan sikap keberpihakan Jokowi ke kubu Prabowo. Prabowo diketahui merupakan capres nomor urut dua.

"Oh kalau buat saya pasti itu sudah menunjukkan sikap berpihak begitu ya," kata Ganjar ditemui usai deklarasi dukungan dari Forum Betawi Rempug (FBR) di Cilincing, Jakarta Timur, Sabtu (6/1/2024).

Ganjar mengaku tidak kaget dengan pertemuan Jokowi dan Prabowo tersebut. Pasalnya, Ganjar memandang keberpihakan Jokowi ke kubu 02 telah ditunjukkan dari lama.

"Kalau saya sih biasa saja, kan memang sudah berpihak. Malah lebih baik kalau ditegaskan bahwa 'Ya saya berpihak'," ujar Ganjar.

Ganjar menilai, apabila Presiden Jokowi mempertegas keberpihakan, maka yang diharapkan tidak ada penyalahgunaan kekuasan yang dilakukan kepala negara dalam kontes demokrasi di tanah air.

"Yang penting tidak akan ada penyalahgunaan kewenangan, kekuasaan, sehingga semua akan bisa fair play ya, bisa jurdil, kalau buat saya biasa saja," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.