Sukses

Ganjar soal Politik Luar Negeri: Perkuat Infrastruktur Diplomasi Kita

Ganjar menegaskan, hal itu menjadi penting lantaran mesti melakukan redefinisi terhadap politik luar yang bebas aktif yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungungkapkan persoalan luar negeri, pertahan, dan keamanan. Menurutnya, politik luar negeri merupakan alat negosiasi dunia luar.

"Kami membaca mencatat persoalan luar negeri, pertahanan, keamanan. Dari tiga ini kami menyatakan politik luar negeri kita, politik luar negeri adalah alat negosiasi dunia luar tapi kepentingan nasional harus nomor satu," kata Ganjar dalam debat capres di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Dia menegaskan, hal itu menjadi penting lantaran mesti melakukan redefinisi terhadap politik luar yang bebas aktif yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

"Ini penting karena kita perlu untuk memilih dan memilah dan memprioritaskan kekuatan dan keinginan dari bangsa dan negara ini. Rakyat butuh lapangan lebih banyak investasi lebih banyak, perkuat infrastruktur diplomasi kita, duta besar diplomasi kita. Ini lah penugasan untuk membereskan kepentingan nasional," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar debat calon presiden atau debat capres yang digelar Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Tema debat capres-cawapres sesi ketiga ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan, pelaksaan debat capres akan bekerja sama dengan media penyelenggara yakni MNC Grup ditambah dengan Garuda TV.

"Sebagaimana pelaksaan debat kedua kemarin, kami sudah melakukan evaluasi dan koordinasi, baik KPU dengan tim paslon dan KPU dengan media penyelenggara," tutur August di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari kemarin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini