Sukses

Komunitas Muda Pendukung AMIN Ubah Bareng Akan Gelar Ekspedisi Perubahan

Ubah Bareng, komunitas kepemudaan relawan pasangan Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) berencana meluncurkan program dengan nama Ekspedisi Perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Ubah Bareng, komunitas kepemudaan relawan pasangan Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) berencana meluncurkan program dengan nama Ekspedisi Perubahan.

Koordinator Ekspedisi Perubahan, Emirio Syarfuan, mengatakan, program ini merupakan hasil dari inisiasi gerakan Ubah Bareng di seluruh daerah. Karenanya, Ekspedisi Indonesia akan menjadi gebrakan untuk mengajak seluruh masyarakat yang resah, untuk tergabung di dalam keluarga perubahan ini.

"Jadi sebenarnya kegiatan ini diinisiasi oleh kawan-kawan Ubah Bareng yang tersebar di seluruh daerah. Karena memang banyak keresahan di berbagai wilayah, soal perlunya menghadirkan kegiatan yang inklusif, akomodatif, dan berdampak untuk setiap lapisan masyarakat. Makanya kegiatan ini kita namai Ekspedisi Perubahan. Tujuannya apa? Kami ingin ada lebih banyak individu, dengan semangat perubahan, yang tergabung ke dalam keluarga kami ini," kata dia dalam keterangannya, Minggu (7/1/2024).

Lebih lanjut, Emirio pun berharap kegiatan ini nantinya dapat memberi dampak yang luas bagi masyarakat. Menurutnya, kegiatan Ekspedisi Perubahan ini akan dilakukan di 21 kota/kabupaten tujuan, terhitung sejak tanggal 8 Januari hingga 2 Februari 2024 nanti.

Adapun kabupaten/kota tersebut antara lain: Pandeglang, Serang, Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, Yogyakarta, Surabaya, Madura, Jakarta, dan berbagai lokasi tujuan lainnya.

"Rencananya kita akan lakukan kegiatan ini di 21 kota/kabupaten tujuan. Dan di setiap lokasi tujuan, kita akan buat kegiatan yang beragam, sesuai dengan keresahan dan request dari teman-teman di daerah. Karena sebisa mungkin, kita ingin kegiatan ini nantinya benar-benar berdampak baik bagi masyarakat di setiap lokasi yang kita tuju. Terdekat kita akan ke Pandeglang dan Serang, tanggal 8 (Januari) nanti," ungkap Emirio.

Untuk jadwal terdekat, kegiatan Ekspedisi Perubahan akan dilaksanakan di Pandeglang dan Serang, pada tanggal 8-9 Januari mendatang.

Untuk diketahui, Ubah Bareng merupakan gerakan yang menginisiasi beberapa program pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, seperti: Desak Anies, Slepet Imin, dan Locker Room Timnas.

2 dari 3 halaman

Prabowo Tantang Anies Diskusi Soal Alutsista

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menantang capres nomor urut satu Anies Baswedan untuk berdiskusi tentang alutsista bekas dalam pertahanan negara. Hal itu disampaikan Prabowo setelah Anies mengungkapkan bahwa utang luar negeri tidak digunakan membeli alutsista baru.

Menurut Prabowo Subianto, hal tersebut dilakukan Anies lantaran mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak mengetahui persoalan pertahanan.

"Pak Anies ngomong-ngomong barang bekas, karena Pak Anies tidak mengerti soal pertahanan, saya bersedia mengundang Pak Anies di tempat Pak Anies suka, kita diskusi, saya akan bawa data, saya akan bawa data sebenar-benarnya," kata Prabowo dalam debat capres di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Menurut dia, hampir separuh alat pertahanan adalah bekas. Namun demikian, usianya masih terbilang muda.

"Jadi barang-barang bekas itu menurut saya, menurut saya menyesatkan rakyat. Itu Pak tidak pantas profesor ngomong itu. Karena dalam pertahanan itu, hampir 50 persen alat-alat dimana pun adalah bekas, tapi usianya masih muda," kata Prabowo.

3 dari 3 halaman

Mengelola Utang Luar Negeri dengan Bijaksana

Calon presiden Anies Baswedan sebelumnya mengingatkan untuk mengelola utang luar negeri dengan bijaksana. Hal ini disampaikannya dalam debat capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan, utang luar negeri bisa digunakan aktivitas yang produktif.

"Utang-utang yang kita gunakan untuk aktivitas produktif, jangan utang itu digunakan untuk kegiatan yang non produktif," kata Anies.

Video Terkini