Sukses

Prabowo: Semua Petani dan Nelayan Hidupnya Harus Sejahtera

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan program prioritas yang akan dijalankannya bersama cawapres Gibran Rakabumung Raka kepada ribuan masyarakat Pontianak di Qubu Resort, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan program prioritas yang akan dijalankannya bersama cawapres Gibran Rakabumung Raka kepada ribuan masyarakat Pontianak di Qubu Resort, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1/2024).

Salah satu yang dipaparkan Prabowo adalah pemenuhan gizi untuk anak-anak melalui program makan siang gratis. Bahan-bahan yang didapat untuk pemenuhan gizi anak-anak diperoleh dari para petani dan nelayan Tanah Air.

Prabowo menyebut peran krusial petani dan nelayan tidak sejalan dengan taraf kehidupannya yang masih jauh dari sejahtera. Prabowo mengatakan program pemenuhan gizi anak akan menjadi wadah mendorong kesejahteraan mereka.

"Kita akan bertekad supaya kehidupan para petani kita, semua petani, semua nelayan, hidupnya harus sejahtera," kata Prabowo.

"Karena itu saya punya program untuk menjamin makan siang bergizi untuk semua anak-anak Indonesia" lanjutnya.

Adapun kehadiran Prabowo di Qubu Resort dalam rangka menyapa masyarakat Pontianak melalui acara 'Konsolidasi dan Silaturahmi Relawan Kalimantan Maju untuk Ibu Kota Nusantara'.

Sebelumnya, Prabowo mengaku optimis akan menang pilpres 2024 dalam sekali putaran.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam konsolidasi TKN Prabowo-Gibran di GOR Rudy Resnawan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu (20/1/2024).

"Kita tidak, kita tidak akan dua putaran, satu putaran," kata Prabowo.

Keyakinan Prabowo tersebut berdasarkan hasil berbagai survei yang menyebutkan pasangan Prabowo-Gibran akan menang satu putaran dalam pilpres 2024.

"Semua, semua survei sudah mengatakan kita akan satu putaran," kata Prabowo.

Oleh karena itu ia meminta dukungan semua warga Kalsel, dalam 24 hari ke depan bisa memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran.

"Karena itu 24 hari lagi, saya minta dukungan saudara-saudara. Saya atas nama Prabowo-Gibran, atas nama Koalisi Indonesia Maju, saya minta dukungan dari seluruh rakyat Kalimantan Selatan," kata Prabowo.

Prabowo percaya dalam waktu 24 hari perolehan suara Prabowo-Gibran dapat mencapai angka di atas 50 persen.

"Kalau sekarang baru 50 persen koma berapa, saya minta dalam 24 hari harus naik. Kalau bisa kembali 65 persen saudara-saudara sekalian," kata Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Sebut Semua Rakyat Kalimantan Antusias Dukung IKN

Saat kampanye pemilihan umum di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (20/1/2024), Prabowo mengeklaim mayoritas warga Kalimantan setuju dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Rakyat Kalimantan sangat antusias setelah pemerintah menetapkan pembangunan ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur," kata Prabowo seperti dilansir Antara.

Ia mengaku dalam kunjungannya ke beberapa daerah di Kalimantan, dukungan warga sangat tinggi memberikan kepercayaan kepadanya untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini saya berkunjung ke dua provinsi sekaligus, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Saya ingin berkomitmen memenuhi hak-hak dan menjaga warisan budaya Kalimantan," ujar Prabowo.

Ia mengungkapkan dengan dengan dilaksanakannya pembangunan ibu kota yang baru di Kalimantan, pengelolaan sumber daya alam dengan hilirisasi akan terwujud untuk kemajuan bangsa serta memprioritaskan kepentingan rakyat.

Ia menegaskan pembangunan IKN Nusantara tidak boleh berhenti dan harus dilanjutkan untuk mengubah paradigma terkait pembangunan jawasentris.

Namun, kata dia, pembangunan IKN tidak boleh ada perpecahan pandangan. Menurut dia, pembangunan IKN adalah kepentingan untuk rakyat.

 

3 dari 3 halaman

Didukung Suku Dayak

Ia juga mengklaim mendapatkan dukungan penuh dari Suku Dayak yang merupakan suku asli dari Pulau Kalimantan usai melakukan konsolidasi bersama tokoh-tokoh adat Dayak. Suku Dayak di Pulau Kalimantan terdiri dari puluhan anak suku.

"Kita harus lanjutkan program yang sudah berjalan dengan baik, bangsa kita tidak boleh terpecah belah, bangsa kita harus rukun," ujar Prabowo.

Pada hari ke-54 kampanye, Prabowo berkunjung ke Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, sedangkan calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka hanya menjalankan agenda internal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.