Sukses

TKN: Ada Banyak Element of Suprise dari Gibran di Debat Cawapres Minggu 21 Januari 2024

Tim Kampanye Nasional (TKN) memastikan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan kembali tampil mengejutkan dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) memastikan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan kembali tampil mengejutkan dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meyakini efek kejut yang diberikan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mampu mendorong generasi muda dan pemilih lain untuk memilih Prabowo-Gibran.

"Akan ada kejutan lagi di debat cawapres kedua. Debat cawapres hari ini akan banyak ada element of surprise, baik dari tim pendukung maupun penampilan dari Mas Gibran," kata Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf kepada wartawan, Minggu (21/1/2024).

"Kami yakin penampilan Mas Gibran di debat nanti malam akan memberikan daya kejut dan daya dorong untuk meyakinkan generasi muda dan masyarakat yang belum menentukan pilihannya untuk menjatuhkan pilihan kepada Prabowo-Gibran," sambungnya.

Menurut dia, sejumlah tokoh yang memiliki basis elektotal kuat juga akan hadir langsung di JCC Senayan Jakarta untuk meyaksikan debat cawapres.

Aminuddin mengatakan, kehadiran para tokoh ini akan memberikan insentif elektoral agar Prabowo-Gibran menang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 satu putaran.

"Akan banyak tokoh yang ikut hadir langsung memberikan dukungan kepada cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam debat nanti malam, tokoh-tokoh yang memiliki basis elektoral kuat baik dari sisi teritorial maupun segmentasi pemilih yang akan banyak memberikan insentif elektoral menuju kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran," ucap Aminuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Rakabuming Raka Berangkat dari Rumah Prabowo

Ada pun Gibran akan berangkat bersama capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menuju arena debat cawapres di JCC Senayan Jakarta. Prabowo-Gibran akan berangkat dari kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

"Mas Gibran berangkat ke acara debat dari kediaman Bapak Prabowo Subianto. Mas Gibran dijadwalkan tiba di kertanagara pukul 17.40. Kemudian pukul 18.20 menuju acara debat," tutup Aminuddin.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memastikan, debat keempat Pilpres 2024 sudah menghasilkan kesepakatan antara tim sukses ketiga pasangan calon (paslon), tv pool, dan KPU RI sebagai penyelenggara.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, salah satu hal yang disepakati adalah tentang tema debat yang awalnya mengandung tujuh tema dirampingkan menjadi enam.

"Dari tujuh tema itu kemudian kami sudah tata menjadi enam tema," kata Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu 17 Januari 2024.

 

3 dari 3 halaman

Tema Debat

Mellaz kemudian merinci, enam tema yang akan dibahas dalam debat yang akan berlangsung pada 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB itu adalah pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Kedua, sumber daya alam dan energi.

"Tema ketiga adalah soal pangan. Tema keempat yaitu agraria. Tema kelima, masyarakat adat dan tema keenam desa," rinci Mellaz.

Jika membandingkan dengan yang sebelumnya, diketahui awalnya ada tujuh tema pada debat ke empat yaitu energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Selain tema debat, lanjut Mellaz, KPU RI juga sudah menentukan 11 orang nama panelis yang akan menggodok daftar pertanyaan dari tema-tema terkait.

Mellaz memastikan, seluruh nama yang dipilih menjadi panelis berdasarkan latar belakang kompetensi dan sudah mengonfirmasi kesediaannya untuk berpartisipasi.

"Mereka sudah dipilih sesuai kompetensi dan dikonfirmasi kesediaanya sebagai panelis," jelas August Mellaz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.