Sukses

Anies dan Cak Imin Tiba di JCC Senayan, Pakai Jas Hitam Bertuliskan AMIN

Capres dan Cawapres nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tiba di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tiba di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Berdasarkan pantauan, Anies dan Cak Imin tiba di JCC sekira pukul 18.30 WIB. Seperti biasa, keduanya konsisten berjas hitam bertuliskan 'AMIN'.

Baik Anies maupun Cak Imin sama-sama didampingi istrinya Fery Farhati dan Rustini Murtadho. Istri keduanya juga kompak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih.

Setibanya di JCC Anies dan Cak Imin bersalaman dengan petinggi EMTEK Group selaku media penyelenggara debat cawapres pada hari ini. Usai itu, Anies dan Cak Imin menyapa awak media dengan melambaikan tangan sebelum berlalu menuju ruang tunggu sebelum debat berlangsung.

Jelang debat cawapres, Anies Baswedan, mengakui tidak ada wejangan khusus yang diberikan kepada Cak Imin. Menurutnya, Cak Imin bakal menampilkan performa terbaik.

"Nggak (ada wejangan) kok bagus juga, nanti malam juga," kata Anies usai kampanye akbar di Lapangan Pinang Selection, Tangerang, Banten, Minggu (21/1/2024).

Anies menyatakan, Cak Imin cukup akrab dengan tema debat cawapres yang diangkat malam ini. Khususnya, kata Anies terkait dengan tema pangan.

Adapun teman debat cawapres hari ini meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Saya rasa gini, tema nanti malam tema yang Gus Imin sangat dekat apalagi terkait dengan pangan, pertanian itu sesuatu yang selama ini jadi fokusnya. Jadi saya optimis, bahwa nanti malam rakyat Indonesia akan ikut merasakan bahwa gagasan yang dibawa oleh pasangan Anies-Muhaimin adalah gagasan untuk memakmurkan semuanya," jelas Anies.

2 dari 2 halaman

Debat Penyampaian Gagasan

Anies menilai, debat capres-cawapres merupakan penyampaian gagasan yang dibawa apabila memimpin Indonesia. Dia berharap, setiap gagasan yang disampaikan pasangan calon (paslon) dalam debat menjadi rujukan bagi masyarakat sebelum menentukan pilihan.

"Sebetulnya yang penting dalam debat itu kesempatan bagi rakyat untuk mendengar apa yang menjadi pikiran, gagasan, cara berfikir, termasuk cara mengendalikan emosi, pikiran, cara menyampaikan karena, ketika nanti bertugas akan menghadapi situasi yang macam-macam," kata dia.

Debat, lanjut dia menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pengamatan menyeluruh terhadap calon pemimpin. Termasuk, kata dia soal watak dan cara bersikap seorang pemimpin.

"Kalau nanti berada di pemegang kewenangan dia bisa berpikir tenang tidak dia? bisa ambil keputusan dengan tenang tidak? Bisa berfikir dengan runut tidak? Bisa mengambil langkah secara logis tidak? Nah itu kesempatan untuk dia. Jadi nanti malam saya rasa akan terlihat disitu," ucapnya.

Video Terkini