Sukses

Prabowo-Gibran Kampanye Akbar Kirab Kebangsaan di Semarang, Dihadiri Ketum Parpol KIM dan Ribuan Warga

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye akbar di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (28/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye akbar di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (28/1/2024).

Kampanye akbar bertajuk 'Kirab Kebangsaan' ini dihadiri oleh ribuan simpatisan Prabowo-Gibran serta masyarakat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kirab dimulai pada pukul 16.00 WIB. Prabowo-Gibran yang memakai baju kemeja bewarna biru terlihat menaiki sebuah mobil parade bewarna biru dengan simbol angka 2 dari Tugu Monas.

Kirab Kebangsaan ini dimulai dari Taman Indonesia Kaya, menuju Lapangan Simpang Lima, Semarang. Sepanjang perjalanan menuju Lapangan Simpang Lima, Prabowo-Gibran menyapa para simpatisan dan masyarakat dari atas mobil parade.

Prabowo tampak membagikan kaos kepada masyarakat, sedangkan Gibran membagikan buku. Sementara istri Gibran, Selvi Ananda yang juga di satu mobil yang sama terlihat membagikan baju kaos.

Kirab kebangsaan ini diramaikan dengan marching band, mobil parade, tari-tarian hingga penampilan barongsai. Para simpatisan membawa alat peraga kampanye seperti, bendera bertuliskan Prabowo-Gibran serta bendera partai-partai koalisi pengusung.

Dalam acara itu, Prabowo-Gibran didampingi oleh para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi.

Ada pula sejumlah artis dan influencer ternama Indonesia antara lain, Baim Wong, Paula Verhoeven, Tarra Budiman, Chand Kelvin, hingga Ria Ricis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Kirab Kebangsaan

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menjelaskan, kirab kebangsaan itu akan digelar mulai dari Taman Indonesia Kaya melintas di Jalan Pahlawan menuju Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Kirab akan diramaikan dengan mobil parade, marching band, dan tari-tarian.

"Besok minggu 28 Januari 2024 Pak Prabowo dan Mas Gibran akan hadir secara langsung dalam kirab kebangsaan di Semarang. Rencananya acara dimulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB," kata Sudaryono dalam keterangannya, Sabtu 27 Januari 2024.

Sudaryono yang juga merupakan Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Tengah menuturkan, untuk target peserta dan penonton diperkirakan mencapai 100 ribu orang lebih yang berasal dari seluruh masyarakat Jawa Tengah di 35 kabupaten/kota. Baik dari partai pengusung maupun dari seluruh komponen relawan.

"TKD Prabowo-Gibran Jateng dan TKN secara khusus berterimakasih kepada seluruh warga semarang yang sangat berantusias menyambut kirab kebangsaan itu. Dan kami juga meminta maaf kepada warga semarang karena kegiatan tersebut yang pastinya akan membuat jalan tersendat dan terjadi rekayasa lalu lintas serta mengganggu kegiatan masyarakat sehari-hari," ucap dia.

 

3 dari 4 halaman

Wujud Kampanye Santun

Menurut Sudaryono, kirab kebangsaan ini merupakan wujud bahwa pasangan capres cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran akan berkampanye secara baik, dan santun, dalam pesta demokrasi ini.

"Kita akan berkampanye dengan mengedepankan kerukunan dan kedamaian. Kami yakin Prabowo-Gibran akan menang di Jawa Tengah, kita akan rebut kemenangan di Jawa Tengah, dan seluruh elemen pendukungnya baik partai politik maupun relawan akan bekerja keras memenangkan Prabowo-Gibran sekali putaran," pungkas dia.

Sebelumnya, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto meyakini dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka bisa memenangkan Pilpers 2024. Prabowo bicara demikian berdasarkan hasil survei.

Menurut Prabowo, lembaga survei hampir semua menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran pada Pilpers 2024.

"Hampir semua survei mengatakan bahwa kita akan satu putaran," kata Prabowo saat hadir di acara kampanye terbuka bertajuk Suara Muda Indonesia untuk Prabowo-Gibran di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu 27 Januari 2024.

 

4 dari 4 halaman

Diminta Waspada

Kendati, Prabowo mengingatakan, kepada simpatisan maupun pendukung tidak berlebihan dalam menanggapi hasil survei tersebut.

"Saudara-saudara kita tidak boleh euforia karena masih menghadapi saat-saat kritis. Pesan saya, kita enggak boleh lemah, kita tidak boleh malas," ujar dia.

Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan bahwa dirinya mendengar ada pihak-pihak yang akan berbuat curang di Pemilu 2024.

"Saya sampaikan kita harus waspada. Saya mendengar ada niat untuk merusak surat-surat suara 02," ujar Prabowo.

"Karena itu saya minta semua relawan Koalisi Indonesia Maju, semuanya, pada hari pencoblosan hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS), jangan pulang sebelum perhitungan selesai," jelas dia.

Laskar Merah Putih Banten Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Kelompok Laskar Merah Putih di Banten resmi menyatakan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam gelaran Pilpres 2024.

"Deklarasi dan dukungan. Kami dari Laskar Merah Putih provinsi Banten bersama masyarakat, dulu mendukung pasangan 03, sekarang mendukung pasangan 02 Prabowo-Gibran sebagai Presiden 2024," tutur para relawan dalam deklarasinya di Banten, Sabtu 27 Januari 2024.

Melalui deklarasi tersebut, kelompok Laskar Merah Putih mengaku siap berjuang dan memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang, khususnya di wilayah Banten.

Sementara itu, sejumlah Pondok Pesantren Salafiyah di Banten juga turut menyatakan dukungannya untuk pasangan Prabowo-Gibran. Dalam rekaman video, deklarasi Pondok Pesantren Salafiyah Banten dipimpin langsung oleh Kyai Enting dan Kyai Jamaluddin.

Turut hadir pula enam Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) tingkat Kecamatan Serang Kota.

"Kami berikan dukungan ini kepada 02 Prabowo-Gibran," ujar para pendukung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.