Sukses

Anies Dikasih Uang oleh Pendukungnya di Tapanuli Selatan, Buat Beli Vitamin

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan diberi uang oleh dua orang pendukungnya yang hadir dalam Kampanye Akbar Anies di Lapangan Istana Raja Najungal Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Kamis (1/2/2024). Uang yang diberikan untuk Anies dalam pecahan Rp50.000 hingga Rp100.000.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan diberi uang oleh dua orang pendukungnya yang hadir dalam Kampanye Akbar Anies di Lapangan Istana Raja Najungal Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Kamis (1/2/2024). Uang yang diberikan untuk Anies Baswedan itu pecahan Rp50.000 hingga Rp100.000.

Mulanya, Anies hendak melangsungkan konferensi pers dengan wartawan, ditemani Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, usai orasi kampanye akbar di atas panggung. Warga yang antusias masih mengikuti Anies hingga ke tempat konferensi pers.

Di sana, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dihampiri oleh seorang ibu-ibu yang langsung memberikannya uang. Saat ditanyai oleh Anies, ibu itu menjawab untuk membeli vitamin.

"Dikasih uang buat beli vitamin," kata capres yang diusung oleh Koalisi Perubahan. 

Tak lama usai konferensi pers dengan awak media selesai, Anies yang hendak meninggalkan lokasi acara itu kembali diadang pendukungnya. Kali ini seorang bapak-bapak berpeci cokelat, yang juga memberikan Anies uang.

Tidak pasti berapa nominal uang yang diberikan tersebut, namun pecahannya masih sama, Rp50.000 hingga Rp100.000. Sama seperti sebelumnya, Anies menerima pemberian itu.

"Ada rezeki sedikit. Mudah-mudahan bapak menang, semoga benar ada perubahan," kata pendukung tersebut kepada Anies.

"Diterima ya," jawab mantan gubernur DKI Jakarta itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Sering Diberikan Bantuan oleh Pendukungnya Secara Sukarela

Terpisah, Pelatih Timnas AMIN, Ahmad Ali, menyampaikan bantuan semacam itu sudah seringkali diberikan relawan dan massa pendukung kepada Anies secara sukarela. Para relawan, kata Ali, bergerak tanpa paksaan.

"Sebenarnya fenomena bantuan relawan itu sudah lama sekali ya. Bantuan itu dalam bentuk alat peraga, spanduk, baliho, kaus, dan bahkan semua relawan-relawan Pak Anies ini tidak ada yang dibayar. Nah, jadi kemudian mereka bergerak, mengumpulkan uang sendiri-sendiri, bergerak buat donasi," kata Ali di Bandar Udara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Tapanuli Tengah, Sumut, Kamis (1/2/2024).

Ali tidak menampik bantuan dalam bentuk uang tunai pun sering diberikan relawan dan pendukung kepada Anies-Cak Imin. Meski begitu, menurut Ali, uang tunai itu bakal dikembalikan lagi ke relawan untuk kepentingan konsolidasi.

"Nah bantuan tadi secara tunai, duit ya, kan itu sudah sering terjadi. Jadi kemudian kita menyerahkan ke relawan untuk dibagi, digunakan untuk kepentingan relawan di daerah masing-masing," ucap Ali.

"Itu uang akan diserahkan ke relawan juga untuk melaksanakan konsolidasi-konsolidasi ya," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Momen Lucu Anies Ngobrol Sambil Comot Camilan Warga

Kedekatan Anies dengan masyarakat juga tergambar dalam sebuah video viral berjudul "ITU CIKI ORANG PAK‼️MAIN COMOT AJA???? MOMENT ANIES BERHENTI DI REST AREA".. Video itu memperlihatkan Anies Baswedan tanpa sadar mencomot jajanan warga di sebuah acara kampanye pilpres 2024.

Video itu salah satunya dibagikan di akun Youtube Dapur Ngeh. Dalam video yang dibagikan pada 28 Januari 2024 itu, Anies terlihat mengobrol bersama warga dan jurnalis. Namun ia tampak mencomot camilan milik seorang warga.

"Bapak suka Chiki juga ya? Ini jajanan waktu kecil, Pak," kata salah satu warga.

"Iya orang enak. Di daftar makanan saya gak ada nih," jawab Anies Baswedan yang disambut gelak tawa warga. Ia bahkan minta tambah usai mencoba jajanan yang identik dengan anak-anak tersebut.

Hal itu pun membuat para warga yang sedang mengobrol turut tertawa dengan sikapnya yang spontan dan santai.

"Wah endorse nih. Langsung laris nih Chiki," kata seorang warga sambil tertawa.

Unggahan ini mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Saya adalah pensiunan ASN Pemprov DKI Jakarta ketika beliau jadi Gubernur suasana kerja yg paling tenang dan nyaman tanpa ada kegaduhan antara Eksekutif dan Legeslatif" kata seorang warganet.

"Gak nyangka masih doyan snack anak2 chiki ball aya aya wae juragan mah . Semoga pak Anies & Crew senantiasa sehat wal afiyat Aamiin Allohuma Aamiin ️🇮🇩," komentar seorang warganet.

"Nggak ada jaim jaimnya nyomot makanan orang luar biasa memang bapak ini,” ujar warganet yang lain.

"Pak Anies baru kali ini makan "mecin" kayaknya,” kata warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.