Sukses

Polri Siagakan Pasukan Berkuda di Lokasi Debat Capres Terakhir di JCC

Debat pamungkas Pilpres 2024 dihelat di Jakarta Convention Center atau JCC, Jakarta, pada Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Debat pamungkas Pilpres 2024 dihelat di Jakarta Convention Center atau JCC, Jakarta, pada Minggu (4/2/2024) pukul 19.00 WIB. Debat akan diikuti oleh tiga calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pantauan di lokasi pukul 16.00 WIB, ratusan massa pendukung masing-masing kandidat sudah berkumpul dan saling beradu yel-yel. Termasuk hadirnya tim pengamanan Polri yang bersiaga dengan pasukan berkuda.

"Jajaran Polri menyiagakan 2.992 personel untuk mengamankan kegiatan, ditambah lagi dari teman-teman pamdal itu sebanyak 200 personel untuk mengatur pada ring 2 dan ring 1," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di lokasi kepada awak media, Minggu (4/2/2024).

Kombes Susatyo menyebut pola pengamanan serupa sudah pernah dilaksanakan sebanyak dua kali di JCC ini. Artinya, terdapat sejumlah evaluasi agar pengamanan debat capres pamungkas ini bisa berjalan lebih baik lagi.

"Khususnya pada saat debat yang keempat kemarin. Di mana masa yang non undangan itu datang cukup banyak, dengan membawa bunyi-bunyian. Sehingga untuk pola pengamanan pada hari ini akan kami sesuaikan untuk tidak mendekat ke lobi JCC," jelas dia.

Soal pengalihan arus, polisi berpangkat melati tiga ini mengatakan hal tersebut akan dilakukan secara situasional ketika para kandidat mulai mendekati JCC. Tujuannya, agar mereka bisa tiba tepar waktu.

"Sampai dengan saat ini kami belum memberlakukan terkait dengan pengalihan arus lalu lintas. Namun mendekati 19:00 di saat para capres cawapres akan mendekat ke lokasi, kami akan mulai mengatur arus lalu lintas, agar bisa datang tepat waktu," tandas Kombes Susatyo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Debat

Sebagai informasi, pada malam hari ini adalah debat kelima Pilpres 2024. Debat ini adalah sajian pamungkas atau terakhir dari seluruh rangkaian yang terdiri dari tiga kali debat calon presiden dan dua kali debar calon wakil presiden.

Debat pamungkas ini nantinya akan menghadirkan seluruh calon presiden dari nomor urut 1; Anies Baswedan, nomor urut 2; Prabowo Subianto dan nomor urut 3; Ganjar Pranowo.

Selama dua jam penuh ketiganya akan saling beradu gagasan soal sejumlah tema yaitu Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat sendiri akan terbagi dalam enam segmen. Pertama yakni pembukaan yang berisi gagasan yang disampaikan bergantian oleh para kandidat.

Segmen kedua dan ketiga adalah sesi tanya jawab terkait tema yang dikondisikan panelis. Segmen empat dan lima yakni tanya jawab bebas antar kandidat terkait tema debat. Segmen keenam atau terakhir adah closing statement atah pernyataan penutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.