Sukses

Gibran: Kami Tidak Mengira Angka dari Quick Count Setinggi Ini

Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mengira hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mengira hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menunjukkan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 sangat tinggi. Sejumlah lembaga survei menunjukkan perolehan suara Prabowo-Gibran lebih dari 50 persen.

"Sekali lagi kami tidak mengira angka angka dari quick count setinggi ini, saya yakin angka tinggi karena anak-anak muda semua," kata Gibran dalam pidato dan deklarasi kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024).

Gibran pun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prabowo Subianto yang memberi ruang untuk anak muda seperti dirinya menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas.

Dia mengatakan, ke depan Prabowo-Gibran ingin melibatkan anak muda menyiapkan generasi emas untuk menuju Indonesia emas.

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, pencoblosan Pemilu 2024 telah dilaksanakan pada hari ini, Rabu (14/2/2024). Dia mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran.

"Saudara sekalian, atas nama tim Prabowo-Gibran dan Indonesia maju kita bersyukur atas hasil hitung cepat yang sudah ada. Semua penghitungan semua lembaga survei termasuk lembaga lembaga yang berada di pihak pihak paslon lain, menunjukkan angka angka yang memang paslon Prabowo-Gibran menang 1 putaran," kata Prabowo Subianto dalam pidato dan deklarasi kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024).

Prabowo mengatakan, kita bersyukur pemilihan umum (pemilu) di Indonesia yang diakui sebagai pemilihan umum terbesar di dunia, dilaksanakan dengan aman, tertib, sejuk, dan tidak ada ketegangan dan kekisruhan.

Untuk itu atas nama Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dan atas nama Koalisi Indonesia maju saya ingin menyampaikan terima kasih bahwa pemilu berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kita melihat rakyat di seluruh pelosok Tanah Air datang berbondong bondong ke TPS melaksanakan pemilu dengan riang dengan tenang dengan suasana kekeluargaan dan dengan penuh kedamaian," tandas Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran di Pidato Kemenangan: 3 Bulan Lalu Saya Bukan Siapa-Siapa, Dikatain Plonga-Plongo hingga Samsul

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dirinya dan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Gibran dalam pidatonya di acara deklarasi kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024) malam.

Dalam pidatonya, Gibran mengakui bahwa dirinya tiga bulan lalu bukanlah siapa-siapa. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku kerap diremehkan dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tiga bulan lalu saya bukan siapa-sipa. Saya masih dikatain plonga-plongo, dikatain Samsul, dikatain takut debat, tapi yang jelas ini berkat dukungan doa bapak ibu semua, saya dan Pak prabowo saya sekarang sudah ada di sini," ujar Gibran dalam pidatonya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Prabowo karena telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pendamping di Pilpres 2024.

"Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Prabowo yang sudah memberikan ruang untuk anak-anak muda seperti saya. Memberikan ruang bagi kami menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas," ucap Gibran.

Dalam kesempatan ini, Gibran juga memohon maaf kepada para pendukungnya karena tidak bisa menghadiri semua kegiatan yang digelar. Namun dia kembali menyampaikan terima kasih atas dedikasi para pendukungnya memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Terima kasih sekali untuk bapak ibu semua yang sudah berkeringat, mungkin sudah berdarah-darah, yang sudah menghabiskan waktunya untuk konsolidasi, kampanye," kata Gibran.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Quick Count Charta Politika 91,05%: Anies-Muhaimin 25,82%, Prabowo-Gibran 57,80%, Ganjar-Mahfud 16,37%

Proses hitung cepat atau quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tengah berlangsung. Berdasarkan aturan, hasil quick count bisa diumumkan ke publik mulai pukul 15.00 WIB usai pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hasil sementara quick count Charta Politika Indonesia pada Rabu (14/2/2024) pukul 20.35 WIB, total suara masuk mencapai 91,05 persen. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,82 persen.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 57,80 persen.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 16,37 persen.

Sebagai informasi, quick count Charta Politika Indonesia menggunakan populasi 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 38 Provinsi.

Sampel dipilih dengan metode Stratified Clustered Random Sampling. Margin of Error quick count Charta Politika yakni ±1% pada tingkat kepercayaan 99%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini