Sukses

PSI Tetap Optimis Lolos ke Senayan, Akan Terus Kawal Suara

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan tetap optimis lolos ke Senayan karena hasil sejumlah survei sebelum Pemilu menunjukkan elektabilitas di atas 4 persen.

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan tetap optimis lolos ke Senayan karena hasil sejumlah survei sebelum Pemilu menunjukkan elektabilitas di atas 4 persen.

"Bahkan, survei lembaga riset media terkemuka menyebut elektabilitas PSI 4,4% tapi survei ini tidak dirilis. Ini semua memperlihatkan PSI sangat mungkin lolos ke Senayan," kata Ketua DPP dan Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi, dalam keterangannya, Jumat (23/2/2024).

Hasil quick count Pemilu 2024 juga menyebut angka 2,9 sampai 3% dengan margin of error 1-1,5%. Artinya, PSI tetap berpeluang masuk parlemen pusat.

Berdasarkan keyakinan itu, DPP PSI menginstruksikan seluruh pengurus, caleg, dan kader untuk mengawal ketat perhitungan suara di semua tingkatan.

"Kami kawal terus di semua tingkatan. Karena, dari temuan di lapangan, ada cukup banyak human error. Misalnya, dalam kolom batang lidi, tertulis 35 suara tapi saat dicatat hanya 25 suara. Juga ada perbedaan di C1 dengan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan," ungkap Dedek.

Kesalahan semacam itu, kata dia, diyakini terjadi di banyak tempat. Sangat mungkin dipicu kelelahan para petugas. Dari pemantauan di lapangan juga ditemukan dugaan bahwa raihan suara PSI akan lebih banyak dibandingkan suara para caleg.

"Menurut kami, ini adalah efek dari kehadiran Mas Kaesang di PSI," kata Dedek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Jokowi soal Kemungkinan PSI Gagal Masuk Parlemen di Pemilu 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi enggan menanggapi soal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang gagal masuk parlemen dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal ini dikarenakan perolehan suara PSI tak melampaui ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Berdadarkan data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suara PSI saat ini hanya sebesar 2,51 persen. Data ini didapat dari 58,95 persen suara masuk per Selasa (20/2/2024) pukul 18.00 WIB.

"Tanyakan kepada PSI," kata Jokowi kepada wartawan di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep mengaku optimistis partainya bisa lolos DPR atau ke Senayan pada Pemilu 2024, meski dari hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei tidak tembus 4 persen yang merupakan ambang batas parlemen.

“Balik lagi kita harus menunggu hasil lengkap dari rekapitulasi dari KPU. Kita juga kan sekarang masih proses, jadi kita tunggu,” kata Kaesang kepada awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

Sebab dari hasil quick count sejumlah lembaga survei rata-rata hanya menempatkan perolehan suara PSI dalam perebutan legislatif DPR RI di angka 2,9 persen, masih jauh dari ambang batas 4 persen parlemen.

 

 

3 dari 3 halaman

Kaesang Klaim Suara PSI di DPRD Naik 400 Persen

Meski begitu, Kaesang menyatakan prestasi partai berlogo mawar itu, untuk perolehan suara di tingkat legislatif provinsi dan tingkat Kabupateb/Kota sebesar empat kali lipat dari Pemilu 2019.

“Kita juga sudah melihat hasilnya yang untuk DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang di mana Insya Allah hasilnya cukup baik peningkatannya sekitar 400 persen."

"Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50,” tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • PSI

  • Pemilu

Video Terkini