Sukses

Bakal Calon Walkot Ambon Alexander Waas: Teluk Ambon Masa Depan Energi Terbarukan

Bung Lex menilai potensi teluk Ambon sangat besar karena tidak hanya meningkatkan kemandirian energi tapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Teluk Ambon yang memiliki potensi besar untuk pembangkit listrik tenaga surya terapung. Dengan sinar matahari optimal sepanjang tahun dan lokasi yang strategis, teluk Ambon cocok untuk pengembangan energy terbarukan.

Bakal calon Wali Kota Ambon, Alexander Waas mengatakan, dengan sinar matahari optimal dan lokasi strategis, PLTS Terapung di Teluk Ambon, sangat besar potensinya karena tidak hanya meningkatkan kemandirian energi tapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan.

“Mari bersama kita wujudkan masa depan yang cerah dengan energy bersih di teluk Ambon, karena potensi Sumber Daya Energi dan Wisatanya pun melengkapi,” kata Bung Lex sapaan akrabnya, dikutip Selasa (28/5/2024).

Teluk Ambon adalah sebuah teluk yang terletak di Pulau Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Teluk tersebut memisahkan pulau Ambon menjadi dua semenanjung, semenanjung tenggara dan kecil yang disebut Leitimur, dan semenanjung utara dan besar yang disebut Leihitu atau Hitoe.

Bung Lex juga menambahkan, tenaga surya adalah sumber energi bersih yang tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara, sehingga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan perubahan iklim.

“PLTS terapung dapat di bangun di perairan yang tenang dan arus stabil di Teluk Ambon, memanfaatkan permukaan air untuk menghasilkan energi listrik dari matahari, guna memenuhi kebutuhan energy sambil memaksimalkan pemanfaatan wilayah perairan secara efesien,” tambah Bung Lex yang merupakan Wakil Ketua Umum Lingkar Nusantara (Lisan).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Kemandirian Energi

Inovasi ini tidak hanya mendukung kemandirian energi tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dengan demikian PLTS terapung menjadi langkah yang tepat untuk memanfaatkan potensi wilayah perairan secara efesien sambil menghasilkan energi bersih untuk masa depan yang lebih cerah.

"Teluk Ambon adalah masa depan energi terbarukan," tegas dia.

Sampai saat ini, BungLex menyatakan siap untuk mencalonkan dirinya menjadi Wali Kota Ambon periode 2024-2029. Selain dirinya memiliki pengalaman banyak organisasi dan sebagai seorang advokat, Ia juga memiliki akses luas ke pemerintah pusat dan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, sehingga sangat menguntungkan bagi kemajuan Kota Ambon ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini