Sukses

Birokrat Inspiratif Sederhana, Eman Suherman Raih Dukungan Warga Maju Pilbup Majalengka 2024

Dia menuturkan latar belakang Eman yang kenyang dengan pengalaman birokrasi menjadi sebuah bekal kepemimpinan yang sangat berharga.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka Eman Suherman menjadi sosok yang kini mendapatkan perhatian besar dari seluruh kalangan masyarakat Majalengka. Rekam jejak birokrasi dan kesederhanaan Eman membuatnya figur inspiratif dan digadang maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Majalengka 2024.

Tercatat Eman telah mengabdikan diri sebagai abdi negara dengan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) berposisi pelaksana pada 1994. Kariernya terus meningkat hingga menjabat Kepala Sub Seksi Tenaga Kerja dan Sektor Informal PMD pada 2000.

Pada 2011, Eman mulai memimpin sebagai Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos Nakertrans). Berlanjut sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Keluarga Berencana, hingga akhirnya memimpin Dinas BMCK (sekarang PUTR) sampai 2020.

"Pak Eman itu kan menguasai di dalam sektor kebirokratannya. Karena memang bagaimana pun juga dia di pucuk pimpinan birokrat," kata Pengamat Politik Majalengka, Sutan Aji Nugraha, Selasa (28/5/2024).

Dia menuturkan latar belakang Eman yang kenyang dengan pengalaman birokrasi menjadi sebuah bekal kepemimpinan yang sangat berharga. Terlebih semakin membuatnya bisa lebih dekat dan dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat Majalengka.

Sebab dia menilai, banyak masyarakat di Majalengka yang menyukai sosok pemimpin berasal dari kalangan birokrat. Sehingga hal itu semakin membuka peluang besar bagi Eman untuk semakin kuat mendapatkan hati masyarakat di Pilbup Majalengka.

"Kalau melihat potensinya birokrat di Majalengka ini lebih banyaknya orang-orang yang memang asli Majalengka. Artinya berpenduduk di Majalengka sepertinya seperti itu," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei IPI Soal Elektabilitas Calon Bupati Majalengka

Kondisi tersebut sesuai dengan temuan Lembaga survei Indikator Politik Indonesia terkait elektabilitas dan popularitas Bakal calon Bupati Majalengka tahun 2024. Nama Eman Suherman tercatat menjadi cabup paling potensial bersaing dengan petahan mantan bupati Karna Sobahi.

Merujuk dari hasil survei yang dilakukan pada 21-30 April 2024, Eman meraih elektabilitas tertinggi dengan 32 persen, diikuti Karna Sobahi meraih 29 persen, Pepep S. Hidayat meraih 3,2 persen, Deni Cagur mendapat 2,7 perse, serta Dedi Supandi yaknj 2,2 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.