Sukses

DPW Usulkan Anies Jadi Cagub Jakarta, HNW: Masih Dibahas di DPP

HNW juga mengungkapkan bahwa salah satu kader yang sedang dipertimbangkan oleh PKS sebagai cawagub adalah Mardani Ali Sera.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW), mengungkapkan bahwa Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jakarta telah mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada serentak 2024. Usulan ini akan didiskusikan lebih lanjut oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.

"DPW Jakarta mengusulkan Anies Baswedan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan masih akan dibahas lagi," katanya di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

HNW menyatakan, Ketua PKS Jakarta telah menyampaikan kepada DPP bahwa koalisi antara Partai NasDem, PKS, dan PKB berpotensi mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur. Jika Anies benar-benar dicalonkan kembali sebagai cagub Jakarta, hal ini bukan hanya usulan dari PKS, tetapi juga merupakan kesepakatan dari ketiga partai tersebut.

Untuk mendukung satu pasang calon, minimal harus memiliki 22 kursi di DPRD Jakarta. Saat ini, PKS memiliki 18 kursi, PKB memiliki 10 kursi, dan NasDem memiliki 11 kursi. Oleh karena itu, PKS berharap bisa menjadi pemenang atau mendapatkan dukungan dari masyarakat Jakarta, sehingga kader PKS juga bisa dipertimbangkan sebagai calon wakil gubernur.

HNW juga mengungkapkan bahwa salah satu kader yang sedang dipertimbangkan oleh PKS sebagai cawagub adalah Mardani Ali Sera. Mardani sebelumnya pernah menjadi ketua tim pemenangan Anies pada Pilkada tahun 2017. Saat ini, Mardani telah terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dapil Jakarta Timur periode 2024-2029 dengan suara terbanyak.

Namun, HNW menegaskan bahwa masih ada kemungkinan lain, di mana kader-kader PKS yang merupakan tokoh di Jakarta juga bisa dipertimbangkan. Semuanya masih terbuka dan akan dibahas lebih lanjut.

Tapi yang lain juga sangat mungkin, ada kader-kader dari Jakarta yang memang adalah tokoh di Jakarta. Semuanya masih terbuka," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digodok di Tingkat Pusat

Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan, usulan tersebut masih akan dibahas di tingkat pusat DPP PKS sebelum diputuskan.

"Iya betul DPW Jakarta sudah memutuskan untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai Bacagub ke DPP. Selanjutnya ada mekanisme di internal. Jadi, kita tunggu keputusan DPP," kata Mabruri dalam keterangannya, diterima Jumat (24/5/2024).

Menurut Mabruri, PKS juga masih terus menggodok beberapa nama lainnya termasuk kader dari internal PKS untuk diusung menjadi gubernur di Jakarta.

"Pemilu kemarin kan Alhamdulillah PKS diamanahkan menjadi partai pemenang di Jakarta. Tentu ada harapan agar dapat mengajukan kadernya untuk mengisi kursi Gubernur Jakarta," ujar Mabruri.

Mabruri menyampaikan, komunikasi dengan partai lain untuk membangun koalisi menuju Pilkada Jakarta 2024 juga terus berjalan. PKS, kata Mabruri tak bisa berjalan sendirian.

"Yang jelas PKS tidak bisa sendirian, harus bermitra. Makanya komunikasi dengan partai-partai lain juga terus berjalan. Kita ingin munculkan yang terbaik untuk warga Jakarta", pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini