Sukses

Puan Maharani Sebut Bambang Pacul Hingga Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku, partainya mempertimbangkan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul hingga Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi maju di Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengaku, partainya mempertimbangkan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul hingga Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi maju di Pilkada Jawa Tengah 2024. 

"Bisa (Bambang Pacul), mungkin (Ahmad Luthfi)" kata dia, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024). 

Namun, Puan enggan menyebutkan nama yang akan diusung oleh PDIP. Sebab, nama-nama yang muncul saat ini diantaranya Bambang Pacul dan Ahmad Luthfi sangat menarik.

"Itu nama-nama yang berkembang itu semuanya kita pertimbangkan, semuanya menarik," ujar dia. 

Sebelumnya, Bambang Pacul, mengaku partainya masih terus menggodok pencalonan untuk Pilgub Jateng 2024.

Pacul menegaskan PDIP terbuka pada nama tokoh mana pun, termasuk Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi.

"Itu kan di dalam wacana, di dalam survei, pasti kita akan laporkan putusannya di pusat," kata Bambang Pacul menjawab pertanyaan apakah DPD PDIP Jateng sudah jaring nama Ahmad Luthfi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Pacul menyebut nama-nama tokoh yang muncul di berbagai hasil survei akan diusulkan ke DPP PDIP. Dia menyerahkan keputusan pencalonan di Pilkada Jateng kepada Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Itu keputusannya di pusat, bahwa data tentu kita masukkan, survei tentu kita masukkan," kata Pacul menjawab pertanyaan apakah di Jateng nama Ahmad Luthfi PDIP mempertimbangkan.

"Bahwa keputusan sudah pasti di Jateng di tangan Ibu Ketum. Bahwa kalau PDIP nggak mencalonkan ya nggak mungkin, pasti kita calonkan. Yang mana, kita nggak tahu," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Respons Kapolda Jateng Ahmad Luthfi

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi disebut namanya menguat untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024. Dia pun memberikan respons terkait hal tersebut.

"Kita masih dinas ya. Kalau memang itu aspirasi masyarakat yang masyarakat menilai. Tapi selama ini saya masih dinas ya kita melaksanakan kegiatan dinas ya," kata Luthfi di The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Sejauh ini, dia belum berkomunikasi dengan partai politik untuk Pilkada Jateng.

"Belum, belum (komunikasi)," ucapnya.

Namun, dia siap melepas jabatannya jika diusung cagub oleh parpol. "Ya jelas dong (lepas jabatan jika diusung)," katanya.

Dia pun belum memastikan dalam waktu dekat akan mundur dari Polri. Luthfi menyebut masih memantau situasi kedepan.

"Nanti lihat situasi," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Dibidik Golkar

DPD Partai Golkar Jawa Tengah membuka peluang mengusung Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng yang juga mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan sudah menginventarisasi beberapa nama yang berpotensi dijagokan.

"Semua masih kami inventarisasi, kandidat-kandidat yang memungkinkan untuk menang, termasuk nama Pak Kapolda. Kan semua ingin menang," katanya.

Menurut dia, partainya membuka peluang lebar untuk tokoh di luar partai yang ingin maju dalam Pilkada Jateng 2024.

"Sangat memungkinkan. Apalagi sekarang kan masih dinamis ya. Banyak calon-calon yang mampu," katanya.

 

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini