Sukses

PKB Akan Buat Poros Baru Jika Ridwan Kamil Kembali di Pilkada Jabar

Terkait peluang berkoalisi dengan PDIP di Jawa Barat, Huda mengaku belum ada komunikasi secara formal. Namun, PKB dan PDIP sudah saling bertukar informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen PKB Syaiful Huda mengatakan, partainya akan membuat poros baru jika Ridwan Kamil kembali maju di Pilkada Jawa Barat. 

"Seandainya Pak Ridwan Kamil ke Jawa Barat, PKB akan buat poros sendiri," kata Huda, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2024). 

Terkait peluang berkoalisi dengan PDIP di Jawa Barat, Huda mengaku belum ada komunikasi secara formal. Namun, PKB dan PDIP sudah saling bertukar informasi.

"Belum itu komunikasi Kang Ono. Saling tukeran informasi tapi belum sampai gagasan ketemu atau tidak ketemu. Jadi belum sampai sejauh (itu). Kepentingan PKB untuk Jawa Barat untuk mendeklarasikan koalisi dulu bukan figur, jadi kalau untuk figur belum jadi konsen PKB Jabar," ujarnya. 

Namun, dia berharap agar poros koalisi yang dibangun memiliki kecocokan sehingga dalam minggu-minggu kedepan bisa segera dideklarasikan. 

"Kami akan bangun poros yang punya chemistry yang sama, semoga minggu-minggu ini bisa dideklarasikan," imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKS Siap Bersaing dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Sementara itu, Bakal calon wakil gubernur (Cawagub) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengaku tak mempersoalkan jika Partai Golkar mengusung Ridwan Kamil (RK) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Dia juga percaya diri menghadapi RK di Pilkada Jakarta 2024.

"Tidak ada masalah, dalam pertandingan (Pilkada) tidak usah takut ya kan. Ya kita bertanding saja," kata Sohibul Iman saat ditemui di sela Pembukaan Sekolah Kepemimpinan PKS di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Adapun Sohibul resmi dipasangkan PKS dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan. Anies diusung sebagai bakal cagub Jakarta 2024.

 

3 dari 3 halaman

Siang Bersaing

Menurut Sohibul, ia dan Anies siap bertarung secara suportif di Pilkada Jakarta 2024. Termasuk, kata dia, jika harus berhadapan dengan Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK).

"InsyaAllah kita siap bertarung secara suportif secara fair InsyaAllah," ujar dia.

Sohibul menilai, siapapun kandidat bakal cagub dan cawagub yang akan diusung partai politik (parpol) tujuannya ialah untuk kebaikan Jakarta.

"Siapapun yang jadi kan sebetulnya buat rakyat Jakarta, kebaikan buat rakyat Jakarta kan, jadi tidak ada masalah kalau rakyat Jakarta percaya pada kami ya tentu kami memimpin ya kalau tidak percaya tidak ada masalah," ucap mantan Presiden PKS ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.