Sukses

PDIP Siap Bentuk Poros Bareng PKB di Jakarta, Usung Andika Perkasa?

Ketua DPP PDIP menyatakan tak masalah bila Pilkada Jakarta memiliki lebih dari dua paslon atau dua poros.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Said Abdullah menyatakan pihaknya siap mendorong poros ketiga untuk Pilkada Jakarta. Said menyebut pihaknya akan menyodorkan nama cagub seperti nama mantan panglima Andika Perkasa dan Tri Rismaharini kepada partai lain.

"Apakah Pak Andika atau Ibu Risma atau yang lain nanti, karena kami dalam rangka menginvertarisir nama, maka PDI Perjuangan jika bisa sendiri tentu sendiri dalam konteks bekerja sama dengan partai lain, dan memenuhi rukun iman jumlah kursi nya 22 kursi kami akan maju (buat poros) sendiri," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (1/7/2024).

Said menyatakan tak masalah bila Pilkada Jakarta memiliki lebih dari dua paslon atau dua poros.

"Kalau dua calon itu memang sejak awal gagasan itu. Tapi kan kemudian konstelasinya kan harus dilihat, kita ingin pilkada di seluruh Indonesia itu utamanya Jakarta itu menjadi wahana kondisinya adem ayem," kata dia.

Saat ini, Said mengaku partai yang paling intens menjalin komunikasi dengan PDIP adakah PKB. Bahkan dia dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah bertatap muka langsung membahas Pilkada.

"Pendekatannya itu pendekatan kesamaan antara PDI Perjuangan dengan PKB. Di Jakarta memang mendekati PDIP iya betul, termasuk saya sendiri tanggal 30 Mei bertemu di rumah dinas bapak Ketua Umum PKB Gus Imin," pungkas Said.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga Menteri Jokowi Disiapkan PDIP Maju Pilkada 2024, Ini Daftarnya

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga kader yang merupakan menteri dari pemerintahan Presiden Jokowi untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.

Dia mengatakan bahwa tiga nama itu beredar dalam bursa calon pemimpin provinsi metropolitan tersebut. Sebagai partai politik, dia mengatakan PDIP siap mendorong dan memberikan kesempatan sebagai langkah kaderisasi secara sistemik.

"Proses kaderisasi telah dilakukan, sejak awal kita telah meng-gromming kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah," kata Hasto saat menghadiri Festival Bulan Bung Karno di Jakarta, dilansir dari Antara, Senin (1/7/2024).

Dia menyebut, tiga menteri Jokowi itu, yakni Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut dia, dukungan terhadap kader internal dalam kontestasi pemilu perlu dilakukan oleh PDIP sebagai cara untuk menjaga eksistensi partai mengarungi konstelasi politik di Indonesia.

Selain itu, menurut dia, gagasan PDIP soal konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya, bisa berjalan pasti jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

"Meskipun demikian, kerja sama dengan partai politik lain dilakukan dengan melihat aspek-aspek peta politik yang khas di daerah," kata dia.

Selain tiga nama menteri tersebut, menurut Hasto, ada sosok kader PDIP lainnya yang disiapkan untuk pilkada Jakarta, yakni mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua DPP PDIP yang juga Anggota DPR RI Eriko Sotarduga.

Hasto mengatakan bahwa PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan. Di saat yang bersamaan, dia mengatakan PDIP terbuka dengan partai politik manapun untuk melakukan komunikasi soal pilkada 2024.

3 dari 3 halaman

PAN Tanggapi Potensi Poros Ketiga PDIP-PKB di Pilkada Jakarta 2024

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) menanggapi kemungkinan terjadinya poros ketiga koalisi PDIP dan PKB dalam Pilkada Jakarta 2024. Segala kemungkinan dinilai masih dapat terjadi selama belum ada yang mendaftarkan diri secara resmi.

"Kalau belum ada pendaftaran ke KPU semua masih mungkin terjadi," tutur Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Kantor DPP PAN, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2024).

Menurut Yandri, koalisi lain masih dapat terbentuk dan mengusung pasangan calon pilihannya. Adapun sosok kuat yang menjadi kandidat Pilkada Jakarta 2024 saat ini antara lain Anies Baswedan, Sohibul Iman, Ridwan Kamil, hingga Kaesang Pangarep.

"Kemungkinan-kemungkinan itu bisa ada kejutan. Ada yang seperti sekarang atau di luar dugaan," kata dia.

"(Hal) biasa. DKI ini kan menjelang tengah malam masih ada perubahan-perubahan," sambung Yandri.

Adapun PAN telah menyiapkan putri Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas yakni Zita Anjani untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024. Sosok tersebut akan diusung dan ditawarkan ke partai politik lain di luar kubu Anies Baswedan.

“Khusus DKJ kami memang kerucut ke satu nama di internal yaitu saudaraku Zita Anjani. Jadi ini yang sedang kami komunikasikan dengan partai-partai yang menurut kami bisa dianggap bisa bekerja sama dengan PAN untuk mengusung pasangan di luar poros Anies ya," jelas Yandri.

Menurutnya, PAN masih terus berkomunikasi dengan partai lain untuk membahas sosok yang nantinya akan diusung di Pilkada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini