Sukses

Survei: Elektabilitas Helldy Agustian Tertinggi di Pilwalkot Cilegon

Panel Survei Indonesia (PSI) kembali melakukan survei terkait pemilihan walikota Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Panel Survei Indonesia (PSI) kembali melakukan survei terkait Pilwalkot Cilegon, Banten. Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Panel Survei Indonesia, Mahendra Zaini, secara umum, warga cilegon menilai kepemimpinan Walikota Helldy Agustian saat ini lebih baik bila dibandingkan kepemimpinan pemerintahan periode-periode yang lalu

"Hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian menembus 89,7 persen terhadap kinerja pelayanan publik dan 10 program prioritas Pemkot Cilegon," kata Mahendra dalam keterangannya, Selasa (2/7/2024).

Mahendra menjelaskan bahwa hasil temuan survei juga menunjukan jika hari ini dilakukan pemilihan walikota Cilegon dengan pada pertanyaan terbuka. maka secara Top of Mind, mayoritas memilih Helldy Agustian sebanyak 39,8 persen, di urutan kedua Isro Mi'raj 17,1 persen, Ratu Ati Marliati 8,8 persen, Sanuji Pentamarta 7,2 persen, Alawi Mahmud 5,2 persen, Dede Rohana Putra 3,1 persen, Robinsar 2,2 persen dan tidak memilih 16,6 persen.

Tingkat keterpilihan calon walikota Cilegon yang menjadi pilihan responden lebih lanjut dengan pertanyaan tertutup, ada simulasi tiga nama dengan menyandingkan Helldy Agustian, Isro Mi'raj dan Sanuji Pentamarta maka nama walikota Cilegon Helldy Agustian masih mendapat tingkat elektabilitas tertinggi.

"Yakni Helldy Agustian sebesar 53,7 persen, Isro Mi'raj dengan elektabilitas 15,7 persen dan Sanuji Pentamarta hanya di angka 8,9 persèn dan tidak memilih sebanyak 21,7 persen," ucapnya.

Sedangkan simulasi dengan menyajikan empat nama tokoh bakal calon walikota cilegon yang tertera dalam kertas kuisioner maka hasilnya Helldy Agustian tetap menjadi mayoritas pilihan masyarakat Kota Cilegon dengan tingkat keterpilihan 56,8 persen, di urutan Kedua Isro Mi'raj 20.2 persen, Sanuji Pentamarta 10,2 persen, Dede Rohana Putra 2,7 persen dan tidak memilih sebanyak 10,1 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikenal

Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai bahwa unggulnya Walikota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia (PSI) karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon.

"Unggulnya Walikota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia (PSI) karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon. Sehingga elektabilitas tinggi di Pemilihan Walikota (Pilwakot) Cilegon 2024," kata Yusak.

"Beliau (Helldy Agustian) lebih sering bertemu masyarakat, tentunya itu menjadi modal untuk kembali terpilih menjadi Walikota Cilegon di Pilkada 2024," ungkapnya.

Sementara itu, Helldy juga didukung oleh partai pemenang Pemilu 2024, maka ini menjadi peluang menang di Pilwakot Cilegon.

"Survei PSI juga memperlihatkan bahwa masyarakat ingin Helldy memimpin kembali Kota Cilegon, Banten ke depannya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.