Sukses

Syaikhu Tegaskan Anies Harus Gandeng Sohibul Iman Jika Ingin Bersama PKS di Pilgub Jakarta

Ahmad Syaikhu membantah isu yang menyebut PKS akan mengikuti cawagub yang dipilih Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Dia menegaskan, Anies harus menggandeng Sohibul Iman jika ingin didukung PKS di Pilgub Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menegaskan, jika mau didukung partainya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 maka tidak ada pilihan lain untuk Anies Baswedan memilih wakilnya sendiri.

Penegasan itu disampaikan Syaikhu usai adanya kabar yang menyebut Anies bisa memilih siapa pun menjadi wakilnya di Pilgub Jakarta dan PKS akan mengikuti.

"Kemarin ada framing di media katanya Pak Syaikhu mempersilakan pak Anies memilih wakilnya, saya bilang itu terserah pak Anies pasti punya banyak pilihan, mau ambil siapa, tapi saya tegaskan jika ingin bersama PKS harus membawa Mohamad Sohibul Iman," kata Syaikhu seperti dikutip dari situs resmi PKS, Selasa (2/7/2024).

"Jadi itu saya tegaskan agar jangan diplesetkan dengan sesuatu hal yang tidak tepat," imbuh dia. 

Syaikhu menjelaskan, saat ini memang posisi PKS bersama Anies untuk Pilgub Jakarta 2024. Hal itu pun sudah diresmikan saat momentum pembukaan sekolah kepemimpinan partai pekan lalu.

Namun tidak berhenti sampai di situ, Syaikhu mencatat nomenklatur dari putusan itu juga turut menyertakan nama Sohibul Iman sebagai wakil dari Anies.

“Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024,” kata Syaikhu menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarik Menarik dengan PKB

Seperti diketahui, selain PKS, Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKB Jakarta juga sudah memberikan rekomendasinya kepada Anies Baswedan. Meski begitu, tidak ada nama wakil yang ikut disertakan dalam rekomendasi terkait.

Belakangan, saat dikonfirmasi kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menurut dia PKB juga sudah mempersiapkan nama untuk membersamai Anies sebagai wakilnya di Jakarta.

Hal itu disampaikan usai mendapat pertanyaan awak media yang meminta tanggapan nama Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil Anies.

"Itu versi PKS kan, kami punya versi juga," kata pria karib disapa Cak Imin ini saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7/2024). 

Kendati demikian, nama yang dipersiapkan PKB untuk Anies masih terus digodok dan belum final.

"Sampai hari ini kita masih memantapkan siapa pasangan Anies," kata Cak Imin menandasi.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.