Sukses

PKB Yakin Sandiaga Sangat Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, tawaran ke Sandiaga Uno itu datang dari akar rumput PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertimbangkan nama Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno untuk maju Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 2024. 

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, tawaran ke Sandi itu datang dari akar rumput PKB.

“Ya itu PKB sedang menjajaki dan itu beberapa aspirasi masuk dari jajaran PKB supaya Pak Sandiaga dimasukkan menjadi calon gubernur di Jawa Barat,” kata Jazilul ke Kantor DPP PAN, Jaksel, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, Sandiaga cocok maju Pilkada Jabar daripada Jakarta karena Sandiaga berdarah Sunda. “Iya, karena Mas Sandi orang Jawa Barat,” kata dia.

Bahkan, menurut Jazilul, Sandiaga akan siap melawan petahana Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat. “Oh kalau Pak Sandi siap lah, Pak Sandi siap,”  kata dia.

Sebelumnya, Waketum PPP Amir Uskara menyatakan menyambut tawaran PKB itu dengan senang hati.

“Misal PKB mengusung Sandi di Jabar kita apresiasi, kita akan lihat, kalau ada peluang tentu PPP akan sangat senang misal kader kita diusung,” kata Amir di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (3/7/2034).

Amir mengaku akan langsung berkomunikasi dengan PKB terkait tawaran tersebut. “Kita semua, sementara jalan semua, karena di Jabar juga lagi ada yang minta kita jalan komunikasikan itu,“ kata dia.

Selain tawaran di Jabar, Amir menyebut Sandiaga juga mendapat tawaran maju Pilkada Jawa Timur. “Ada juga yang menawarkan maju Jawa Timur jadi kita lagi lihat ini peluang Pak Sandi bisa diterima di mana,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aspirasi Masyarakat

Diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melirik Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno untuk diusung maju sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 2024. Nama Sandiaga muncul dari aspirasi masyarakat Jabar dan kader PKB.

"Untuk Jawa Barat, nama PKB sudah mencari kader internal PKB yang kemungkinan diusulkan bisa maju seperti Pak Cucun, Pak Huda," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

"Tapi ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno menjadi calon gubernur Jawa Barat," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Perlu Penjajakan

Meski begitu, Jazilul menyatakan bahwa penjajakan lebih lanjut masih perlu dilakukan. Sebab, kata PKB jug mesti membentuk koalisi dan mencari bakal calon wakil gubernur yang pas untuk dipasangkan.

"Ini perlu dijajaki lebih jauh, karena apapun Pilkada ini salah satu tingkat kerumitan, pertama adalah mencari partai koalisi, yang kedua mencari pasangannya," kata dia.

Lebih lanjut, Jazilul menyebut PKB juga melakukan pendekatan dengan PKS untuk membangun koalisi. Selain itu, PKB juga perlu menilai elektoral Sandi untuk Pilkada Jabar.

"Itu penjajakan awal banget. Baru semacam aspirasi yang muncul dari Jabar. Ini perlu dicek apakah Pak Sandiaga mau atau tidak. Konon, katanya mau. Jadi belum, masih pendekatan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini