Sukses

Totalitas Kerja Pro Rakyat, Eman Suherman Disebut Raih Dukungan Maju Cabup Majalengka

Sebagai Sekda, kualitas kepemimpinan Eman terwujud dari berbagai program tepat sasaran. Semangat menghadirkan kesetaraan di antara warga Majalengka menjadi tujuan yang terus dioptimalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Totalitas Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka Eman Suherman menghadirkan berbagai kebijakan pro-rakyat mendapat respons positif banyak kalangan masyarakat. Bahkan memicu hadirnya dukungan besar kepada Eman untuk maju sebagai calon bupati (cabup) di Pilkada Majalengka 2024.

"Eman bekerja untuk kepentingan masyarakat di atas kepentingan dirinya," ucap Pengamat Politik Citra Institute Efriza dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Sebagai Sekda, dia menambahkan, kualitas kepemimpinan Eman terwujud dari berbagai program tepat sasaran. Semangat menghadirkan kesetaraan di antara warga Majalengka menjadi tujuan yang terus dioptimalkan Eman.

Menurutnya, sebagai Sekda, Eman menelurkan program pendanaan bagi usaha rakyat di desa. Kemudian, juga aktif mempromosikan berbagai produk lokal buatan warga Majalengka. Bahkan giat promosi tersebut dibuat dalam program Sapa Usaha Rakyat dan Aksi Berbagi Informasi (SURABI).

Tidak berhenti di situ, demi menopang ekonomi dan masyarakat mudah dapat mendapatkan bahan pokok, Eman menggelar Pangan Murah (GPM) dan Operasi Pasar Murah. Ia juga terjun langsung dalam pemberdayaan petani melalui program Petani Milenial. Tujuannya untuk mengembangkan kewirausahaan dengan melibatkan anak muda di berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

Kemudian juga menggelontorkan dana APBD untuk pemberian bantuan alat mesin pertanian dan subsidi bahan bakar. Serta memperbaiki sarana prasarana olahraga untuk merenovasi Stadion Warung Jambu. Giat aktif Eman Suherman bekerja untuk rakyat semakin sukses memberi dampak positif besar.

Efriza menilai sosok Eman Suherman memiliki sikap kepedulian yang nyata bagi kemajuan warga Majalengka. "Eman memiliki sikap dan kepedulian yang nyata," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paham Pembangunan Daerah

Direktur Eksekutif Indonesia Strategic Institute (Instrat), Jalu Pradhono Priambodo, menyatakan bahwa Eman memiliki modal sosial yang signifikan untuk menjadi bupati Majalengka berikutnya. Menurut Jalu, Eman punya rekam jejak positif serta kedekatan dengan semua lapisan masyarakat Majalengka.

“Pak Eman memiliki modal sosial besar di masyarakat karena memang mengawali karier serta berkiprah di pemerintahan Majalengka sejak lama,” kata Jalu, Kamis (27/6/2024).

Modal sosial yang dimiliki Eman, menurut Jalu, cukup besar untuk memimpin Majalengka pada periode selanjutnya. Eman dikenal rajin bertemu dan berdiskusi dengan berbagai lapisan masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka dengan seksama.

Tidak hanya hadir di tengah masyarakat, Eman bersama Pramuka dan Baznas Majalengka terus menggalakkan program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) bagi masyarakat yang tinggal di hunian tidak layak. Program ini telah menyentuh Kecamatan Argapura dan Bantarujeg, menunjukkan kepeduliannya yang tinggi terhadap kesejahteraan warga.

Jalu menegaskan bahwa Eman memiliki kelebihan yang signifikan untuk menjadi bupati Majalengka berikutnya. Kedekatan Eman dengan masyarakat Majalengka, ditambah kerja nyatanya, membuatnya semakin memperoleh banyak dukungan untuk maju di Pilkada 2024.

“Hal ini membuat Eman memiliki kedekatan dan kemampuan memahami kebutuhan daerah Majalengka,” ujar Jalu.

Karier Eman di birokrasi dimulai dari tingkat paling bawah pada tahun 1994 sebagai pelaksana. Kariernya perlahan naik hingga menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Tenaga Kerja dan Sektor Informal PMD pada tahun 2000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.