Sukses

PKB Tegaskan Tidak Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2024

PKB lebih mempertimbangkan sosok Sandiaga Uno dari pada Ridwan Kamil untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengungkapkan, partainya tidak akan mendukung Ridwan Kamil (RK) pada Pilkada Jawa Barat 2024. Menurut Jazilul, partainya lebih mempertimbangkan sosok Sandiaga Uno untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat.

"Kelihatan PKB enggak dukung Pak RK di Jawa Barat, kan sudah cukup PKB dukung Pak RK," kata Jazilul saat di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta dilansir dari Antara, Jumat (5/7/2024).

Jazilul mengungkapkan, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan PKB mendukung Sandiaga Uno untuk maju pada Pilkada Jabar 2024. Satu di antaranya yaitu tingkat elektoral.

"Kita harus tahu berapa tingkat elektoralnya Pak Sandi, apa sanggup bersedia atau tidak," kata Jazilul.

Karena itu, PKB terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk mengusung Sandiaga Uno di Pilkada Jawa Barat 2024.

"Bagi PKB, nama Pak Sandi layak disodorkan kepada masyarakat Jawa Barat, baru tingkat itu," tambah dia.

Sebelumnya, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno mengaku, belum mendapatkan surat penugasan dari partainya untuk maju pada Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno saat ditanya peluangnya maju pada pilkada, baik di Jawa Timur, Jawa Barat, maupun Jakarta.

"Nanti tunggu surat tugasnya (menugaskan) di mana. Saya sekarang fokus di kementerian, belum dapat tugas," kata Sandiaga ketika dijumpai di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Senin 1 Juli 2024.

Sandi mengatakan bahwa PPP sudah menjalin komunikasi dengan partai-partai lain secara informal mengenai pilkada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKB Yakin Sandiaga Sangat Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertimbangkan nama Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno untuk maju Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 2024. Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, tawaran ke Sandi itu datang dari akar rumput PKB.

"Ya itu PKB sedang menjajaki dan itu beberapa aspirasi masuk dari jajaran PKB supaya Pak Sandiaga dimasukkan menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Jazilul ke Kantor DPP PAN, Jaksel, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, Sandiaga cocok maju Pilkada Jabar daripada Jakarta karena Sandiaga berdarah Sunda. "Iya, karena Mas Sandi orang Jawa Barat," kata dia.

Bahkan, menurut Jazilul, Sandiaga akan siap melawan petahana Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat. "Oh kalau Pak Sandi siap lah, Pak Sandi siap,"  kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.