Sukses

Peluang PDIP Usung Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Puan: Belum Ada Keputusan, Tapi Bisa Jadi

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membuka peluang partainya, mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membuka peluang partainya, mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara 2024.

Hal itu dia sampaikan, merespons pertanyaan soal apakah PDIP mempertimbangkan sosok Bobby setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan surat rekomendasi kepada Bobby untuk di Pilkada Sumatera Utara.

"Bisa jadi," jawab singkat Puan, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Namun, dia menegaskan, hingga saat ini PDIP belum memberikan keputusan terkait siapa yang akan diusung di Pilkada Sumatera Utara. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan jika PDIP mengusung Bobby.

"Belum ada keputusan, tapi bisa saja," kata Puan Maharani.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Bobby Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid, menyerahkan surat rekomendasi bakal calon gubernur Sumatera Utara (Sumut) dari partainya kepada Bobby Nasution.

Dengan rekomendasi ini, secara sah Wali Kota Medan tersebut mengantongi dukungan untuk maju ke Pilkada 2024.

"Hari ini hadir bersama kita calon gubernur Sumatera Utara. SK yang diberikan DPP PKB memang belum lengkap artinya dalam SK itu memberikan keputusan dan menetapkan Mas Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Tapi wakilnya belum,” kata pria karib disapa Gus Jazil di Kantor DPP PKB Jakarta, Kamis 4 Juli 2024.

Jazilul menambahkan, PKB juga akan merekomendasikan seorang wakil untuk Pilgub Sumut 2024. Namun sejumlah nama masih diramu bersama partai-partai lain yang nantinya juga mendukung Bobby.

"Wakil belum, nanti akan diputuskan bersama partai-partai koalisi yang akan mengusung Mas Bobby. Setahu saya di situ ada PKB ada Golkar ada Gerindra Nasdem Pan Demokrat PPP. Jadi banyak,” jelas Guz Jazil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan PKB Pilih Bobby Nasution Ketimbang Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Bobby Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid pun menjelaskan alasan pihaknya mendukung Bobby maju di Pilgub Sumut.

Dia mengatakan, saat tes kepatutan dan kelayakan bakal calon gubernur Sumatera Utara 2024, ada dua kandidat terkuat, yakni sang petahana Edy Rahmayadi dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution. 

"Ya ini, kemarin dua-duanya sudah diungkapkan sebagai bagian dari proses dan mekanisme yang ada di internal partai kebangkitan bangsa," kata Jazilul.

"Nah, salah satu pertimbangannya hari ini kenapa PKB memberikan rekomendasi atau surat keputusan kepada Mas Bobby karena dalam hitungan PKB, Bobby yang akan jadi pemenang," kata Jazilul di Kantor DPP PKB Jakarta, Kamis 4 Juli 2024.

Jazilul mengaku sudah berhitung, indikasi kemenangan Bobby bersumber dari kuatnya dukungan partai-partai politik di Provinsi Sumatera Utara. Total, ada tujuh partai politik yang punya kursi dan selebihnya ada partai-partai non parlemen juga yang mendukung. 

"Lebih dari 10 partai politik menurut saya. Ini mengindikasikan bahwa kekuatan yang dibangun oleh Mas Bobby merangkul semua partai, ini saya yakin akan menjadi jalan menuju kemenangan," kata dia.

"Sehingga PKB memutuskan memberikan surat keputusan kepada Mas Bobby untuk terus berjuang menjadi calon gubernur Sumut," pungkas Jazilul.

 

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.