Sukses

Survei Pilkada 2024 Kabupaten Bogor: Elektabilitas Jaro Ade Tertinggi

Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei calon kepala daerah di Kabupaten Bogor. Hasilnya, Jaro Ade menempati posisi puncak dengan elektabilitas 45.2%

Liputan6.com, Jakarta - Ade Ruhandi atau lebih dikenal dengan Jaro Ade menempati posisi terkuat sebagai Calon Bupati dalam Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Bogor. Berdasarkan Hasil survei LSI Denny JA terbaru Juli 2024, Ade meraih elektabilitas 45.2%.

“Dalam simulasi empat nama, Jaro Ade mendapatkan elektabilitas tertinggi 45.2%, Elly Rachmat Yasin 22.5%, Iwan Setiawan 21.4%, Rudy Susmanto 2.3%,” ujar Direktur SIGI LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam rilis yang diterima, pada Minggu (21/7/2024).

Sedangkan untuk yang belum memutuskan, lanjut Ardian, atau tidak tahu bahkan tidak jawab sebesar 8.6%. Politisi kawakan dari Partai Golkar itu elektabilitasnya semakin kokoh ketika head to head. Bahkan angkanya mencapai diatas 50%.

“Kami coba simulasikan secara head to head, Jaro Ade dengan Iwan hasilnya, Jaro Ade 57.7% melawan Iwan Setiawan 28.4%. Pun demikian ketika dihadapkan dengan Ibu Elly hasilnya, Jaro Ade 56.1% sedangkan Elly Rachmat Yasin 28.6%,” papar Ardian.

Dalam survei ini juga mensimulasikan Jaro Ade berhadapan dengan Rudy Susmanto, dan hasilnya, Jaro Ade kembali unggul, Jaro Ade 70.0% sedangkan Rudy Susmanto 7.3%.

“Kokohnya elektabilitas yang diperoleh Jaro Ade tidak lepas dari angka popularitas yang sudah menyentuh angka 78.6%,” paparnya.

Mengenai angka kesukaan, kata Ardian, Jaro Ade mendapat angka kesukaan yang paling tinggi di antara semua kandidat yang ada dalam simulasi tersebut.

“Angka kesukaan Jaro Ade sebesar 74.6%. Angka kesukaan Elly Rachmat yasin berada di angka 64.3%.” kata Ardian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Belum Maksimal

Disisi lain, dukungan terhadap Rudy Susmanto relatif belum maksimal, karena angka popularitas yang masih belum optimal.

“Saat ini angka popularitas Rudy Susmanto sebesar 14.5%, sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Bogor sebesar 3.8 juta pemilih.

“Jika melihat DPT dan luasan wilayah Kabupaten Bogor, tentunya menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan oleh Rudy Susmanto, mengingat Pilkada Kabupaten Bogor tidak lama lagi,” tuturnya.

Adapun survei yang dilakukan LSI dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 14 Juli 2024 kemarin.

“Metodologi yang digunakan multistage random sampling. Dengan responden sebesar 440 responden. Wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Setiap pemilih di kabupaten Bogor mempunyai kesempatan yang sama terpilih menjadi responden,” uangkapnya.

Ardian menegaskan, empat elektabilitas tertinggi para calon bupati Bogor 2024, tiga di antaranya diisi oleh tokoh partai yang bernaung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Pilkada Kabupaten Bogor 2024 bisa disebut All KIM Final, yang berarti tokoh yang berpeluang terpilih jadi bupati berasal dari Koalisi Indonesia Maju atau KIM,” tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Calon Bupati dari KIM

 

Jika pada akhirnya Koalisi Indonesia Maju (KIM) memajukan paket bersama dalam Pilkada Kabupaten Bogor 2024, secara hitungan kertas dan elektabilitas, maka pemilihan bupati Bogor sudah selesai.

“Jika sudah selesai, siapa yang diuntungkan? Yang diuntungkan tentu masyarakat, karena calon bupati dari KIM sudah bisa menyusun langkah strategis untuk langsung bekerja menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Ardian.

Adapun persoalan yang harus dibereskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menurut LSI diantaranya, masalah ekonomi, masalah kemacetan, masalah infrastruktur, masalah pendidikan dan masalah kesehatan.

“Itulah inti pilkada, memunculkan pemimpin yang segera bekerja untuk kepentingan rakyat. Siap bekerja bersama-sama dengan semua stakeholder yang ada. Siap bekerja siang malam untuk melayani masyarakat,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini