Sukses

Anies Dilarang Pilih Cawagub dari Kader NasDem untuk Pilkada Jakarta 2024

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan untuk Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Deklarasi ini disampaikan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan untuk Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Pengumuman itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Ajang pilkada serentak 2024 ini bakal menjadi kali kedua Anies Baswedan berkontestasi sebagai calon gubernur Jakarta setelah memenangkannya pada tahun 2017 bersama Sandiaga Uno saat diusung bersama Partai Gerindra dan PKS.

Namun ada yang berbeda dengan pengusungan Anies Baswedan kali ini. Partai NasDem membebaskan Anies untuk mencari cawagub sendiri, asalkan bukan kader Partai NasDem.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat, wakil jangan dari Partai NasDem," kata Sekjen NasDem Hermawi Taslim.

Menanggapi hal itu, Anies mengaku tidak keberatan. Dia memastikan akan mencari pendampingnya dengan membuka komunikasi dengan partai-partai lain yang mau bergabung di Pilkada Jakarta 2024.

"Tugas untuk menyusun pasangan yang nanti insyaallah akan dibahas bersama-sama. Harapannya, kita akan bisa bekerja bersama dengan lebih banyak partai-partai yang lain. Keterbukaan komunikasi itu sudah ada," ujar Anies di tempat yang sama.

Anies menyatakan dengan dukungan dari Partai NasDem maka sudah ada tiga partai yang berada di gerbongnya. Dua partai yang sudah bergabung sebelumnya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Diketahui, ketiga partai ini adalah kelompok koalisi yang sama di Pilpres 2024.

"Deklarasi sebelumnya, pertama adalah PKB, kedua adalah PKS dan kita sudah melakukan pembicaraan. Nasdem pun sudah melakukan pembicaraan dengan partai-partai lain yang harapannya itu nanti kita bisa lebih perluas lagi," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Merasa Terhormat

Anies merasa terhormat dengan dukungan dari Partai NasDem di level pemilihan kepala daerah. Setelah sebelumnya, NasDem juga memberikan semangat yang sama untuk Anies di level kontestasi pilpres.

Anies berjanji, dukungan Partai NasDem kali ini akan kembali diperjuangkan hingga membawa kemenangan, khususnya untuk rakyat Jakarta.

"Saya ingin sampaikan di sini, saya merasa mendapatkan kehormatan dengan rasa rendah hati dan mohon ridho dari Allah. Amanat yang diembankan oleh Partai Nasdem ini kami terima dan kami akan junjung dengan sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya," kata Anies Baswedan.

"Dan (kami) akan berjuang bersama-sama, sebaik-baiknya untuk warga Jakarta yang insyaallah nanti dampaknya bisa dirasakan oleh semua," Anies menambahkan.

3 dari 3 halaman

Partai NasDem Resmi Usung Anies di Pilkada Jakarta 2024

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Hermawi menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan (Anies Baswedan) sebagai calon gubernur DKI dari Partai NasDem," kata Hermawi.

Hermawi menjelaskan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan. Dia menyebut, Partai NasDem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangan pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat, wakil jangan dari Partai NasDem," ucap Hermawi.

"Kemudian jadi tetapkan deklarasi dengan pasangan beliau akan jelaskan 22 Agustus 2024, tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan pekerjaannya," kata Hermawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.