Sukses

Nasdem Usung Anies di Pilkada Jakarta, Gerindra Ungkit Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pihaknya sudah memprediksi Nasdem akan mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Anies sudah mengantongi dukungan tiga partai, yaitu Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai Gerindra pun santai menghadapi Anies di Pilgub Jakarta. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani lalu mengungkit kekalahan Anies di Jakarta saat Pilpres 2024 dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Wong Pak Prabowo saja di Jakarta menang melawan Anies," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 22 Juli 2024.

Muzani mengatakan, pihaknya sudah memprediksi Nasdem akan mengumumkan nama Anies sebagai calon gubernur. Dukungan Nasdem sudah menjadi perhitungan Gerindra dalam menentukan siapa yang akan diusung di Pilgub Jakarta.

"Keputusan atau pengumuman seperti ini dari awal sudah kita hitung sebagai sebuah kemungkinan. Jadi kita sudah exercise uji coba terhadap kemungkinan keputusan ini dan pada waktunya nanti kami akan umumkan calon yang akan kita umumkan untuk menjadi calon gubernur di daerah Jakarta," jelasnya.

Di sisi lain, Partai Gerindra menghormati langkah dan keputusan politik Partai Nasdem yang mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya terus terang belum mendengar ada keputusan atau pengumuman dari partai Nasdem tentang pencalonannya terhadap Anies Baswedan untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta dan ya kita hormati sebagai sebuah keputusan politik dari partai politik," ujar Muzani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasdem Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di Nasdem Tower, Jakarta.

Hermawi menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan (Anies Baswedan) sebagai calon gubernur DKI dari Partai Nasdem," kata Hermawi, saat konferensi pers di Kantor Nasdem, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Hermawi menjelaskan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan.

Dia menyebut, partai Nasdem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangannya pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil jangan dari partai NasDem," jelas dia.

"Kemudian jadi tetapkan deklarasi dengan pasangan beliau akan jelaskan 22 Agustus 2024 tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Anies Terima Keputusan Nasdem

Dalam kesempatan yang sama, Anies Baswedan menerima keputusan Partai Nasdem yang telah memutuskan untuk mengusung dirinya di Jakarta.

Dia menjelaskan, saat berdiskusi dengan Surya Paloh banyak berbicara soal tentang masa depan Jakarta agar menjadi kota global setara dengan kota dunia lainnya.

"Tentang masa depan jakarta, beliau menekankan pentingnya untuk Jakarta makin maju hal-hal yang dirasakan sebagai keberhasilan diteruskan ditingkatkan hal-hal yang dirasakan perlu ditingkatkan perlu perbaikan sehingga fokus kita kedepan Jakarta sebagai salah satu kota global dunia setara dengan kota-kota global lainnya," imbuh Anies.

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.