Sukses

Alasan PKB Belum Resmi Deklarasikan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengungkapkan, alasan DPP belum menentukan sikap karena adanya sejumlah pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga kini belum menentukan sikap terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, meski DPW PKB Jakarta sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan.

Menanggapi hal itu, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengungkapkan, alasan DPP belum menentukan sikap karena adanya sejumlah pertimbangan.

"Ya tentu ada aspek pertimbangan menang, karena dalam kompetisi Pilkada kalau kita mau mensejahterakan rakyat harus punya figur yang komit untuk perjuangan kesejahteraan rakyat," kata Huda kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Selain itu, hasil survei Anies di Jakarta juga menjadi salah satu faktor belum menentukan pilihannya "(Survei) Menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan kuat," ujarnya.

Tak hanya itu, salah satu pertimbangan lainnya karena Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memasangkan Sohibul Iman dengan Anies.

"Itu sebagian saja (PKS sodorkan Sohibul Iman), tapi prinsipnya kita akan menghormati keputusan temen-temen DPW DKI Jakarta," tegasnya.

Meski begitu, dirinya berharap akan secepatnya untuk menentukan sikap pilihannya. "Semoga secepatnya, tapi kan faktanya poros sebelah juga belum kan? Namanya saja juga belum. Jadi menurut saya masih lama perjalanan," pungkasnya.

Diketahui, DPW PKB telah resmi mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai Bacagub Jakarta. Selain itu, partai lainnya yang sudah mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu, yakni Partai NasDem dan PKS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons PKB NasDem Pinang Anies untuk Pilkada Jakarta 2024

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut positif pinangan Partai NasDem ke Anies Baswedan untuk maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya merupakan partai politik pertama yang mengusulkan Anies maju Pilkada Jakarta kendati usulan baru disampaikan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jakarta.

"Ya tentu PKB senang sekali karena pertama partai yang mendukung pak anies. PKB kan partai pertama yang sudah mengusung Pak Anies. Kan tinggal umumkan saja," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

Saat ditanyai kepastian DPP PKB untuk mengusung Anies, Jazilul bilang waktu masih panjang. Menurutnya, surat rekomendasi untuk Anies maju Pilkada Jakarta 2024 bisa dikeluarkan kapan saja.

"Diketik nanti (surat rekomendasi), secara resmi, kan waktu masih panjang. Yang jelas masyarakat DKI penting tahu aspirasi untuk dukung Pak Anies sudah disampaikan oleh DPW PKB DKI," ucap Jazilul.

3 dari 3 halaman

NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta.

Hermawi menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan (Anies Baswedan) sebagai calon gubernur DKI dari Partai NasDem," kata Hermawi, saat konferensi pers di Kantor NasDem, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Hermawi menjelaskan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan.

Dia menyebut, partai NasDem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangannya pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil jangan dari partai NasDem," jelas dia.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.