Sukses

Megawati Akan Umumkan Calon Kepala Daerah PDIP Bertahap, Akhir Juli hingga Awal Agustus

Untuk provinsi strategis seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta tengah dalam proses pemetaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful mengatakan, Ketua Umum atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan nama-nama calon kepala daerah (Cakada) untuk Pilkada serentak 2024 pada akhir Juli hingga awal Agustus ini.

"Secara bertahap oleh Ibu Ketua Umum akhir Juli ini atau minggu pertama Agustus, mungkin bisa dua batch ya, dua gelombang, atau tiga gelombang karena begitu banyaknya rekomendasi yang sudah berproses dan dikeluarkan oleh PDI Perjuangan," kata Djarot di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2024).

Djarot menyampaikan, saat ini total 50 persen rekomendasi telah diberikan PDIP untuk kepala cakada di berbagai wilayah dan provinsi untuk Pilkada serentak 2024.

"Ini adalah Pilkada serentak yang pertama kali dilakukan yang mencakup sekitar 514 kabupaten/kota dan 37 provinsi. Jadi kita tidak bisa cukup satu, tapi yang jelas PDI Perjuangan sudah mengeluarkan surat tugas dan rekomendasi itu sudah lebih dari 50 persen," terang Djarot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Provinsi Strategis

Sedangkan, kata Djarot untuk provinsi strategis seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta tengah dalam proses pemetaan.

Djarot bilang, di Jawa Timur pendalaman kepada kandidat calon gubernur dan wakil gubernur tengah berjalan. Di Jawa Timur, PDIP berkomunikasi baik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Untuk Jawa Timur masih berproses, tentu saja kita melakukan hubungan komunikasi dengan partai-partai yang ada di Jawa Timur wabil-khusus kalau di Jawa Timur kita berkomunikasi dengan sangat baik dengan Partai Kebangkitan Bangsa," katanya.

3 dari 3 halaman

Pelatihan

PDIP, ujarnya, juga melakukan pelatihan bagi seluruh tim pemenangan, kepala daerah, dan calon kepala daerah yang sudah mendapatkan surat tugas dan rekomendasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini