Sukses

Survei LSI: Bobby Nasution Unggul di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi di Posisi Kedua

Sementara untuk kandidat lain yang santer dibicarakan akan maju Pilgub Sumut, seperti Musa Rajekshah (Ijeck) perolehan 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 3,3 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei peta kompetisi pemilihan gubernur (pilgub) Sumatera Utara (Sumut), dengan hasil menempatkan nama Bobby Nasution sebagai kandidat elektabilitas tertinggi.

“Berjenjang itu mulai pertanyaan TOM (Top Of Mind), nah di sini, kita lihat untuk sementara yang unggul adalah Bobby Nasution dengan 34 persen di TOM,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan saat jumpa pers, Minggu (28/7/2024).

Perolehan itu didapat Bobby, berdasarkan pertanyaan survei apabila Pilgub Sumut dilakukan hari ini. Sementara untuk nama kedua ditempati calon petahana Edy Rahmayadi yang memperoleh 15,1 persen.

“Nama-lain lain itu masih di bawah 10 persen TOM-nya. Jadi kalau kita lihat dari data TOM itu kita lihat ada dua nama yang memang memuncaki pertarungan. Ada dua nama utama ini (Bobby dan Edy),” kata dia.

Sementara untuk kandidat lain yang santer dibicarakan akan maju Pilgub Sumut, seperti Musa Rajekshah (Ijeck) perolehan 4 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 3,3 persen.

“Nama-nama lain, termasuk Ahok yang sering disebut katanya mungkin bertarung di Sumut juga, Tapi kita enggak tahu, itu angka dukungan elektabilitasnya di simulasi 23 nama itu di 7,3 persen. Di bawah 10 persen. Demikian juga dengan Ijeck yang menjadi wagub di masa Edy, itu juga masih di bawah 10 persen,” tuturnya.

“Jadi sama dengan yang TOM, peta untuk sementara didominasi oleh dua nama, yaitu Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi,” tambahnya.

Sementara untuk suara pemilih yang belum menentukan pilihan atau masih merahasiakan pilihannya sebesar 34,7 persen. Berdasarkan total 26 tokoh yang masuk dalam radar dari pilihan survei.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Adapun untuk survei ini diambil berdasarkan sampel sebanyak 800 orang menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara yang terdistribusi secara proporsional. Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.

Reporter: Bachriarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini