Sukses

Eman Suherman Disebut Cabup Berprestasi, Bangun Rutilahu untuk Masyarakat Majalengka

Fadhli menambahkan, program Rutilahu bisa menjadi sebuah tolok ukur bagi Eman untuk terus memperoleh dukungan dari akar rumput.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Bupati (Cabup) Eman Suherman dinilai sebagai pemimpin berprestasi karena sukses membangun Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk masyarakat Majalengka. Eman sukes membangun rutilahu dengan berkolaborasi dengan Baznas dan Pramuka Majalengka.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis, Fadhli Harahab mengatakan program tersebut menjadi daya tarik Eman untuk dipilih oleh masyarakat Majalengka pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2024 mendatang.

“Memperluas program Rutilahu bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat umum mendukung Eman di Pilbup Majalengka,” kata Fadhli, Minggu (28/7/2024).

Fadhli menambahkan, program Rutilahu bisa menjadi sebuah tolok ukur bagi Eman untuk terus memperoleh dukungan dari akar rumput. Menurutnya, masyarakat lebih memandang pemimpin yang bekerja nyata untuk rakyatnya.

“Terkait Pilkada, Eman tentu perlu memperluas jangkauan bantuan sosial Rutilahu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Fadhli menekankan, Rutilahu menjadi bukti jika Eman punya kepedulian tinggi terhadap masyarakat Majalengka. Karenanya, jika program tersebut terus berjalan, maka bisa dikatakan, Eman merupakan pemimpin pro dengan rakyat kecil.

“Dan, ini cukup menarik dalam hal membentuk image pro rakyat kecil,” ujar Fadhli.

Seperti diketahui, program Rutilahu digagas oleh Pramuka dan Baznas Majalengka dan diprakarsai oleh Eman selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Majalengka. Program ini muncul dari data yang mencatat ada 12 ribu rumah tidak layak huni pada tahun 2023.

Adapun secara keseluruhan, saat Eman menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), Pemerintah Kabupaten bersama Pramuka Majalengka telah merenovasi 664 unit rumah. Setiap rumah menerima alokasi biaya senilai Rp20 juta untuk renovasi sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memiliki Kepedulian terhadap Buruh

Calon Bupati (Cabup) Majalengka, Eman Suherman disebut sebagai pemimpin yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat. Kepedulian Eman dikatakan juga terlihat terhadap para buruh yang berada di Majalengka.

“Kami dari rekan-rekan buruh di Kabupaten Majalengka menginginkan momen-momen yang seperti ini. Sosok yang memang cabup, mau berbaur atau bersahabat dengan kita,” kata Sekretaris Serikat Buruh Majalengka, Warjana setelah berdiskusi bersama Eman, Kamis (25/7/2024).

Warjana membeberkan Eman lebih mengedepankan diskusi terbuka ketika mendengarkan aspirasi para buruh. Ia meyakini, Eman bisa menampung dan menyerap aspirasi rakyat termasuk golongan buruh Majalengka.

"Ketika kami ingin melakukan demonstrasi, aksi itu tidak selalu diakomodir dengan baik, dan harapan saya ke depannya, Mama Eman terus menerima dan mendengar aspirasi kami,” tuturnya.

Di samping itu, ia juga bercerita kepada Eman lantaran lapangan pekerjaan untuk laki-laki di Majalengka semakin sempit. Kendati banyak perusahaan ataupun pabrik, namun tempat tersebut, hanya menerima tenaga kerja perempuan.

Maka dari itu, Warjana mengungkapkan, ia yakin Eman bisa menjadi pemimpin amanah dan adil bagi semua kalangan masyarakat.

“Sulitnya lapangan pekerjaan untuk laki-laki di Majalengka jelas kami sampaikan ke Pak Eman. Dan kami bersyukur, Pak Eman menerimanya dengan baik,” pungkas Warjana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.