Sukses

Primadona Elektoral, Golkar Disebut Berpotensi Dukung Anwar Hafid di Pilkada Sulteng

Selain itu, Efriza mengatakan, Anwar Hafid juga memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan rivalnya. Kelebihan yang dimaksud Efriza yakni berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh Anwar Hafid soal birokrasi dan pemahaman menjalankan pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Arah dukungan Partai Golongan Karya (Golkar) disebut potensi lebih condong memilih Anwar Hafid sebagai kandidat Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng). Anwar Hafid dinilai memiliki banyak keunggulan, baik secara dampak elektoral terhadap pengaruh politik Golkar di Sulteng.

"Golkar dirasa akan lebih (untung) memilih Anwar Hafid, karena survei elektabilitas tinggi juga karena Anwar Hafid punya banyak kelebihan dibandingkan Ahmad Ali," ucap Pengamat Politik Citra Institute, Efriza, Minggu (27/6/2024).

Selain itu, Efriza mengatakan, Anwar Hafid juga memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan rivalnya. Kelebihan yang dimaksud Efriza yakni berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh Anwar Hafid soal birokrasi dan pemahaman menjalankan pemerintahan.

Terbukti dengan rekam jejaknya, Anwar Hafid telah membangun karier sedari bawah pada tahun 1992 menjadi Kepala Desa Rantebala, kariernya terus moncer hingga sempat menjadi Camat Towuti pada tahun 2000 dan Camat Nuha pada 2003.

Selain itu, juga pernah menjadi Bupati sukses di Morowali, berhasil menaikkan taraf kehidupan rakyat dengan berbagai kebijakan pro rakyat. Lalu Anwar Hafid pernah duduk di kursi parlemen pusat dan meraup segudang prestasi atas keberhasilannya menyuarakan aspirasi rakyat.

Oleh karena itu, Efriza melanjutkan, dukungan Partai Golkar dimungkinkan akan berlabuh ke Anwar Hafid. Karena rekam jejaknya yang penuh dedikasi kepada rakyat menyebabkan posisinya saat ini sudah mencapai layak dipilih oleh rakyat.

"Dukungan partai Golkar bisa lari ke Anwar Hafid. Karena itu tadi, penilaian kepemimpinan dirinya dan kelayakan dirinya untuk memimpin daerah," ucap Efriza.

Sebelumnya, arah dukungan Golkar semakin terbaca dalam rencana mengusung kandidat Gubernur Sulteng. Hal ini merupakan imbas dari bocoran data survei internal Golkar yang menempatkan Anwar Hafid pada posisi teratas dengan elektabilitas 16,70 persen, disusul Hidayat Lamakarate 15,38 persen, Ahmad Ali 13,95 persen, Rusdi Mastura 7,43 persen, Iwan Lapata 2,75 persen dan Arus Abdul Karim 0,31 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinggal Selangkah Lagi

Melihat data ini, lebih jauh Efriza menjelaskan, bahwa Golkar tinggal selangkah lagi untuk melabuhkan dukungan ke Anwar Hafid. Sebab, jika angka survei pertama sudah tinggi, maka survei selanjutnya tidak akan jauh berbeda.

"Ini menunjukkan rasanya keputusan Golkar hanya tinggal mengukuhkan saja dukungan untuk Anwar Hafid. Sebab, jika survei pertama tinggi maka survei kedua tidak jauh berbeda," ucap Efriza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini