Sukses

Kinerja Cemerlang, Eman Suherman Disebut Sosok Tepat jadi Bupati Majalengka

Tokoh Masyarakat Kecamatan Lemahsugih, Mahdi Mubarok mengatakan Eman memiliki kompetensi untuk memimpin Majalengka. Karenanya, banyak masyarakat yang semakin solid memberikan dukungan terhadap Eman.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Bupati (Cabup) Eman Suherman dinilai sebagai sosok tepat untuk menjadi Bupati Majalengka periode berikutnya. Dengan kinerja cemerlang, Eman punya kompetensi untuk membuat Majalengka jadi lebih maju dari saat ini.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Lemahsugih, Mahdi Mubarok mengatakan Eman memiliki kompetensi untuk memimpin Majalengka. Karenanya, banyak masyarakat yang semakin solid memberikan dukungan terhadap Eman.

"Saya rasa Pak Eman sudah ideal saat menjadi Sekda, apalagi menjadi bupati itu cocok," kata Mahdi dikutip Selasa (30/7/2024).

Rekam jejak Eman selama berkarier di pemerintahan memberikan banyak dampak signifikan bagi masyarakat Majalengka. Kerja nyata tersebut membuat Eman menjadi pemimpin pro dengan rakyat kecil.

Tercatat, saat Eman menjabat sebagai Kepala Dinas BMCK hingga menjadi Sekda, banyak infrastruktur yang telah dibenahi. Mulai dari perbaikan Jalan Jati 5, pelebaran jalan di Majalengka bagian Selatan hingga pembangunan Gelanggang Generasi Muda (GGM).

Kemudian, saat menjadi Sekda, Eman banyak melakukan kolaborasi bersama dengan Baznas dan Pramuka Majalengka. Kolaborasi tersebut menghasilkan program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) yang menyasar masyarakat Majalengka dengan hunian tidak layak.

Maka dari itu, Mahdi menuturkan, Eman sangat ideal untuk menjadi Bupati Majalengka selanjutnya. Kepemimpinan yang sudah teruji dan berprestasi membuat Eman layak menjadi orang nomor satu di Kota Angin.

"Dengan rekam jejak Pak Eman mulai dari camat dan menjadi Sekda justru itu suatu kebanggaan buat kita masyarakat Majalengka," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Rutilahu

Calon Bupati (Cabup) Eman Suherman dinilai sebagai pemimpin berprestasi karena sukses membangun Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk masyarakat Majalengka. Eman sukes membangun rutilahu dengan berkolaborasi dengan Baznas dan Pramuka Majalengka.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis, Fadhli Harahab mengatakan program tersebut menjadi daya tarik Eman untuk dipilih oleh masyarakat Majalengka pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2024 mendatang.

“Memperluas program Rutilahu bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat umum mendukung Eman di Pilbup Majalengka,” kata Fadhli, Minggu (28/7/2024).

Fadhli menambahkan, program Rutilahu bisa menjadi sebuah tolok ukur bagi Eman untuk terus memperoleh dukungan dari akar rumput. Menurutnya, masyarakat lebih memandang pemimpin yang bekerja nyata untuk rakyatnya.

“Terkait Pilkada, Eman tentu perlu memperluas jangkauan bantuan sosial Rutilahu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Fadhli menekankan, Rutilahu menjadi bukti jika Eman punya kepedulian tinggi terhadap masyarakat Majalengka. Karenanya, jika program tersebut terus berjalan, maka bisa dikatakan, Eman merupakan pemimpin pro dengan rakyat kecil.

“Dan, ini cukup menarik dalam hal membentuk image pro rakyat kecil,” ujar Fadhli.

Seperti diketahui, program Rutilahu digagas oleh Pramuka dan Baznas Majalengka dan diprakarsai oleh Eman selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Majalengka. Program ini muncul dari data yang mencatat ada 12 ribu rumah tidak layak huni pada tahun 2023.

Adapun secara keseluruhan, saat Eman menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), Pemerintah Kabupaten bersama Pramuka Majalengka telah merenovasi 664 unit rumah. Setiap rumah menerima alokasi biaya senilai Rp20 juta untuk renovasi sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.