Sukses

Nina Agustina Minta Pemuda Indramayu Ikut Pelatihan Prakerja untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Pelatihan tersebut nantinya bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indramayu, agar warga Indramayu siap jika nantinya lapangan pekerjaan sudah mulai terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan adanya kawasan industri di Kabupaten Indramayu, nantinya Bupati Nina Agustina menjamin ketersediaan ratusan ribu lapangan kerja. Namun sebelum itu dibantu dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Bupati Nina Agustina menyiapkan pelatihan-pelatihan.

Pelatihan tersebut nantinya bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indramayu, agar warga Indramayu siap jika nantinya lapangan pekerjaan sudah mulai terbuka.

"Ya memang harus tingkatkan dulu kualitas masyarakatnya. Kalau tidak bagaimana mau menyambut pasar kerja, kalau tidak punya kualitas yang baik percuma ada lapangan pekerjaan pun," ujar Bupati incumbent yang akan maju lagi di Pilbup Indramayu, Nina Agustina.

Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah pimpinan Bupati Nina Agustina saat ini memang sudah banyak mengadakan pelatihan-pelatihan terkait peningkatan kualitas SDM. Diantaranya beberapa pelatihan yang diadakan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), yang membuka program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, fokus pada pelatihan mengemudi mobil, las listrik, dan otomotif.

Lalu juga ada pelatihan 1.000 Petani Muda Indramayu yang diadakan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya melalui Disnaker juga pernah digelar pelatihan kerja berbasis kompetensi, yang dimotori Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Indramayu. pelatihan kerja ini membuka 5 program yang mencakup Pipe Welder Pengelasan SMAW-GTAW, Servis Sepeda Motor Injeksi, Menjahit Komponen Pakaian, Desain Grafis Madya, dan Perawatan AC Split.

Bukan itu saja, melalui Disnaker juga bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Mengemudi 2024, pelatihan tersebut nantinya

Adapun penyelenggaraan sertifikasi profesi tersebut, diperuntukan kepada sopir angkutan keluarga, angkutan perkotaan dan angkutan khusus/tangki, kemudian juga akan dilanjutkan dengan profesi bidang lainnya. bertujuan membantu para pekerja (sopir) Indramayu untuk mendapatkan pengakuan keahlian berupa sertifikat profesi, sehingga bisa bersaing dengan pekerja dari daerah lain.

"Semua pelatihan-pelatihan tersebut memang atas arahan Bupati Nina, tujuannya apa? Ya untuk meningkatkan kualitas SDM, apa lagi pas sekali sebentar lagi kita akan menyambut hadirnya kawasan industri," papar Plt. Disnaker Indramayu Nonon Citra Wulandari.

Namun Bupati Nina Agustina menegaskan yang tidak kalah penting adalah terkait ijazah, yang mana merupakan syarat umum untuk melamar pekerjaan. Untuk itu Bupati Nina Agustina mendorong masyarakat Indramayu yang putus sekolah dan belum memiliki ijazah agar mengikuti program Kejar Paket (Jaket).

"Tidak kalah penting itu, kalau sudah punya skill tapi ga ada ijazah, ya sama saja. Karena kan ijazah itu syarat umum ya, untuk melamar kerja," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilkada 2024, PDIP Dukung Nina Agustina Maju Jadi Cabup Indramayu

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Indramayu, mengadakan rapat Konsolidasi dan Koordinasi dalam menyambut dan mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 l di Aula Hotel Indramayu, Sabtu (15/6/24).

Mengutip siaran pers diterima, dalam rapat tersebut semua kader PDI Perjuangan kompak dan solid mendukung Nina Agustina untuk kembali maju menjadi Bupati Kabupaten Indramayu.

“Untuk mendukung pemilihan pemilihan Bupati Indramayu kita harus solid dan kompak dan segera medapatkan pendampingnya,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa barat, Ono Surono seperti dikutip Minggu (16/6/2024).

Ono berharap, Nina Agustina segera mendapatkan sosok pendamping yang pas untuk bersanding sebagai calon Wakil Bupati (Cawabup). Tujuannya, agar perjuangan bersama memajukan Kabupaten Indramayu segera tercipta.

“Untuk jadi Pendamping sebagai Wabup Indramayu, baik dari Kader ataupun dari Partai Koalisi siap melaksanakan intinya membangun Indramayu lebih baik dan sudah terbukti selama tiga setengah tahun kepemimpinanya untuk Indramayu,” jelas pria yang juga akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat ini.

Senada dengan Ono Surono, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Sirojudin mengatakan, setiap relawan, simpatisan ataupun kader PDI Perjuangan harus benar-benar berdedikasi, berjuang, dan menjaga kekompakan mendukung Cagub Jawa Barat dan Calon Bupati (Cabup) Indramayu dari PDI Perjuangan.

“Tetap solid dan kompak mendukung Ono Surono sebagi Calon Gubernur Jabar dan Nina Agustina Cabup Indramayu,” Sirojudin menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini