Sukses

Deddy Sitorus PDIP: Bubarkan Saja Pilkada Jakarta, Daripada Buang Anggaran untuk Kotak Kosong

Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus menolak tegas munculnya wacana Ridwan Kamil hanya akan melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus menolak tegas munculnya wacana Ridwan Kamil hanya akan melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta. Dia menegaskan siapapun pihak yang mewacanakan kotak kosong adalah pengecut.

"Ya itu kan tindakan pengecut, tidak berani bersaing. Sangat menyedihkan jika skenario seperti itu dilakukan di Ibu Kota Negara RI. Demokrasi dihancurkan oleh persekongkolan jahat oligarki," kata Deddy, Selasa (6/8/2024).

Deddy mengingatkan praktik lawan kotak kosong kerap dipakai di daerah dan jangan sampai terjadi di Jakarta. Sebab menurutnya hanya akan membuang anggaran pemilu.

"Kalau praktik di banyak kabupaten kota mau dijadikan kebiasaan di Jakarta, bubarkan saja pilkada. Hanya buang-buang anggaran dan suara rakyat dimanipulasi oleh partai politik," kata dia.

"Demokrasi itu adalah tersedianya pilihan bagi rakyat dalam memilih pemimpin, bukan persekongkolan para elite," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menegaskan, demokrasi sehat harus dijaga salah satunya dengan cara memilih calon pemimpin dan pemimpin, bukan memilih antar kotak kosong.

"Demokrasi yang baik dan sehat itu memilih calon pemimpin dan pemimpin, bukan kotak,” kata Djarot saat dikonfirmasi, Selasa (6/8/2024).

Djarot menegaskan PDIP tidak akan membiarkan Pilkada Jakarta terjadi hanya melawan kotak kosong. Ia menyatakan PDIP akan mengusung calon dari kader sendiri.

"PDIP kita berusaha mengusung calon kita, tapi tetap berkomunikasi dengan parpol lain. Mari membangun demokrasi sehat, PDIP jelas siapkan kadernya di Jakarta," tegas Djarot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Intens Komunikasi dengan PKB soal Pilkada Jakarta

Djarot mengaku pihaknya masih intens berkomunikasi dengan PKB terkait Pilkada Jakarta. Namun, ia menyebut keputusan final belum diambil dan dinamika masih sangat cair.

"Kita bicara dengan PKB Jakarta ke depan seperti apa, baru menentukan sosok paling tepat,” kata dia.

"Ingat dinamika politik di Jakarta itu sangat cair. Perubahannya bisa sangat cepat,” sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan parpol bahwa akan sangat malu bila Pilkada Jakarta ada kotak kosong. "Apa gak malu lawan kotak kosong. Masa semua diborong, meskipun boleh ya. Tapi masa Jakarta kotak kosong, nanti yang menang kotak kosong gimana?,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Said PDIP: Insyaallah Pilkada Jakarta Kami Punya Calon

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, pihaknya akan mengusung calon sendiri untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

"Insyaallah Jakarta kami punya calon," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

 Meski demikian, Said tidak membeberkan nama jogoan mereka. Ia menyebut PDIP tengah menggodok sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024. 

"Kami lagi menggodok calon sendiri," ungkap dia. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco menyatakan seluruh partai di Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024.

"Insyaallah di KIM Plus sudah muncul satu nama yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk Cawagub RK, Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dua hari ke depan.

"Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini