Sukses

Kaesang Segera Beri Rekomendasi Dukung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng: Jakarta Masih Istikharah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memastikan, partainya akan memberikan rekomendasi dukungan di Pilkada Jawa Tengah kepada Ahmad Lutfhi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memastikan, partainya akan memberikan rekomendasi dukungan di Pilkada Jawa Tengah kepada Ahmad Lutfhi.

Menurut dia, rekomendasi itu akan disampaikan secara resmi dalam waktu dekat.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya Jawa Tengah ini rekomendasi dari PSI akan segera kami berikan kepada Bapak Ahmad Luthfi," kata Kaesang di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Saat ditanya soal Pilkada Jakarta, Kaesang mengaku masih menimbang-nimbang. Namun jika dirinya mendapat kepercayaan dan mandat rakyat, dia menegaskan siap maju meski lawannya adalah Anies Baswedan atau pun Ridwan Kamil sekali pun.

"DKI (Jakarta) kita sambil masih menunggu, saya sendiri seperti yang Gus Imin bilang, masih istikharah tapi ketika ada permintaan dari masyarakat khususnya DKI saya siap untuk melawan Pak Anies Baswedan, saya pun juga siap untuk melawan Pak Ridwan Kamil," tegas Kaesang.

Sebelumnya diberitakan, saat dikonfirmasi terpisah, Sekjen PSI Raja Juli Antoni enggan menjelaskan lebih detil pernyataan Kaesang soal melawan Anies dan Ridwan Kamil di Jakarta. Namun sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), partainya siap ikut komando.

"Ya tunggu dulu perkembangannya. Sekali lagi ditegaskan sikap PSI secara umum akan mengikuti garis dari KIM," kata Raja Juli seperti dikutip Selasa (6/8/2024).

Raja Juli memastikan, sampai hari ini belum ada keputusan definitif dari PSI soal kemana arah dari sang ketua umum di Pilkada 2024. Namun dia berharap, apa pun hasil finalnya adalah sebuah kesepakatan bersama antara PSI dan KIM.

"Apapun keputusannya, mudah-mudahan diputuskan secara kolektif. Kalaupun ada beda-beda, ya di sana sini, ya itu bagian dari demokrasi. Tapi pada intinya, Mas Kaesang nanti mau di Jakarta, Jateng, kita minta itu merupakan keputusan bersama dari KIM," Raja Juli menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Terbuka Lawan Kotak Kosong

Pengamat Politik dari lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio atau Hensat menilai, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pemilihan Kepala Daerah 2024 (Pilkada 2024) bakal memunculkan banyak calon tunggal melawan kotak kosong.

Ada pun KIM merupakan gabungan partai politik atau parpol yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Menurut Hensat, PDI Perjuangan (PDIP) akan menjadi satu-satunya partai politik (parpol) yang tidak bergabung dalam KIM Plus.

"Ya ada KIM Plus ini bisa bikin banyak Pilkada jadi lawan kotak kosong. Jadi kemunculan kotak kosong ini calon-calon tunggal karena KIM plus kekuatannya kan semuanya itu (parpol) kecuali PDIP," kata Hensat kepada Liputan6.com, Senin (5/8/2024).

Menurut dia, KIM Plus berpotensi menjadi penguasa di gelaran Pilkada serentak 2024. Sebab, kata Hensat, calon kepala daerah yang diusung KIM Plus hanya melawan kotak kosong.

"Bahkan PKS juga masuk sana (KIM Plus), jadi semua partai di Senayan, masuk Senayan 8 partai itu kecuali PDI Perjuangan jadi 7 partai itu udah di KIM Plus. Ya dampaknya mereka akan menguasai Pilkada," ucap dia.

Hensat memandang, KIM Plus dengan kotak kosongnya menunjukkan bahwa Indonesia berada pada era demokrasi siasat. Demokrasi, kata dia, kemungkinan tak berjalan dengan sehat.

"Ya kotak kosong di mana-mana, ini kan era demokrasi siasat, bisa jadi nanti demokrasinya sesat, bisa jadi nanti demokrasinya jahat," jelas Hensat.

 

3 dari 3 halaman

KIM Setuju Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, seluruh partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus sudah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 (Pilkada Jakarta 2024).

"Insya Allah di KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sementara untuk Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) RK, Dasco menyatakan akan diumumkan dalam waktu dua hari ke depan.

"Untuk wakilnya sehari-dua hari kita akan sampaikan ke media," kata dia.

Menurut Dasco, dalam waktu dekat pengumuman tidak hanya nama cawagub melainkan juga nama-nama parpol yang akan masuk ke KIM Plus.

"Sehari dua hari ini kita sampaikan Plusnya siapa," ucap dia.

Dasco juga memastikan parpol yang akan bergabung ke KIM di Pilkada Jakarta lebih dari satu partai.  Apakah KIM Plus yakni PKS dan NasDem, lagi-lagi Ia enggan menjawab.

"Plusnya lebih dari satu," pungkas Dasco.

Menurutnya, KIM Plus ini terbentuk untuk kemajuan Indonesia ke depan. Bukan hanya sekadar Pilkada serentak 2024. Dia pun mengungkapkan, tak ada larang bagi partai politik untuk mencalonkan siapa pun di Pilkada serentak 2024, termasuk Anies Baswedan.

"Sekarang ini alam demokrasi. Kalau partai politik ingin mencalonkan siapa, kan kita juga enggak bisa melarang," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, jika Ridwan Kamil (RK) bakal berlabuh di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024. Wacana tersebut muncul usai Partai Golkar resmi mendukung Dedi Mulyadi untuk maju menjadi Calon Gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024 (Pilkada Jabar 2024).

"Pilkada DKI on the way," singkat Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024).

Saat dipastikan apakah Golkar melepas peluang kemenangan di Jawa Barat dan mementingkan Jakarta, Airlangga menegaskan asumsi itu tidak tepat.

"Tidak balik kanan (dari Jawa Barat)," ucap Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini