Sukses

Anies Baswedan Yakin Belum Ada Perubahan Dukungan di Pilkada Jakarta 2024

Mantan Gubernur Jakarta yang Kembali digadang-gadang maju sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan mengatakan, belum ada perubahan terkait dukungan dari partai.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur Jakarta yang Kembali digadang-gadang maju sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan mengatakan, belum ada perubahan terkait dukungan dari partai.

Hal ini dikatakan olehnya untuk menanggapi soal Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang disebut untuk menjegal Anies maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Semua itu hanya spekulasi-spekulasi. Kita lihat sekarang ini, memang sudah ada yang berubah? Belum ada yang berubah kan. Masih sama," kata Anies di Akademi Bela Negara NasDem, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

"Tentu kalau bicara terkait komentar, komentar-komentar itu bisa macam-macam, tapi keputusan partai kan masih sama semua. Jadi kita hormati dan saya percaya bahwa partai-partai ini akan mengikuti apa yang menjadi aspirasi pemilihnya," sambungnya.

Anies pun menyakini, aspirasi warga Jakarta untuk kota yang lebih maju dan modern akan terus diusung. Sehingga, dirinya menyakini tidak adanya perubahan dalam dukungan terhadap dirinya.

"Pemilunya belum enam bulan dan kursi-kursi itu juga didapat dari aspirasi warga. Jadi saya optimis, aspirasi warga untuk membuat Jakarta lebih modern, Jakarta lebih maju, Jakarta lebih setara, itu nanti akan diusung terus," ujarnya.

Anies pun menegaskan, tidak akan adanya perubahan dalam dukungan di Pilkada Jakarta.

"Atau sebaliknya? Apa yang membuat saya tidak percaya? Enggak ada. Saya percaya, saya melihat tidak ada perubahan. Gosip memang macam-macam," tegasnya.

"Tapi kita merujuk pada silap resmi dan kami yakin demokrasi di Jakarta akan tetap terjaga, aspirasi juga akan muncul di partai-partai," pungkas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gus Choi Harap NasDem Kuat Iman Dukung Anies

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie alias Gus Choi berharap partainya tetap kuat untuk mendukung Anies Rasyid Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Terlebih, hingga kini belum adanya surat rekomendasi yang diberikan Partai NasDem kepada Anies untuk maju pada pesta demokrasi nanti.

"Saya enggak tahu persis. Tapi yang saya tahu sampai hari ini NasDem sudah mendukung Mas Anies," kata Gus Choi kepada wartawan di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

"Kita berdoa mudah-mudahan keimanannya kuat untuk tetap mendukung Anies Baswedan, untuk melawan atau menahan adanya tsunami politik," sambungnya.

Lalu, saat disinggung terkait dengan tsunami politik tersebut, apakah adanya tawaran dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), ia pun tidak menampik hal itu.

"Ya kan rumor-rumornya yang berkembang itu," ujar Gus Choi.

3 dari 3 halaman

Tetap Konsisten

Meski begitu, Gus Choi berharap agar partai yang dipimpin Surya Paloh tetap konsisten untuk mendukung dan mengusung Anies maju di Pilkada Jakarta 2024. Meskipun belum diberikannya surat rekomendasi oleh Partai NasDem kepada mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Belum (kasih rekomendasi), tapi kan sudah dideklarasikan. Memang secara tertulis belum. Kan biasa, Pak Surya itu kan ber-statment sesuai dengan realisasinya," ucap Gus Choi.

"Jadi antara ucapan dengan tindakan kan biasanya sama. Nah, kali ini apakah nanti sama, kita harapkan sama," pungkasnya.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.