Sukses

Ridwan Kamil Dinilai Sosok Tepat Pimpin Jakarta di Pilkada 2024, Jaga Potensi Jadi Pusat Perekonomian

Anggota DPD RI terpilih dari Jakarta Achmad Azran menilai Ridwan Kamil sosok pemimpin yang mampu menjaga proses transisi Jakarta sekaligus menjaga posisi strategisnya di tingkat global pada Pilkada 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu arti penting pemilihan gubernur Jakarta atau Pilgub Jakarta 2024 adalah proses transisi dan pembentukan jati diri baru kota yang dulu bernama Batavia itu setelah tidak menjadi ibu kota negara.

Dengan segala potensinya sebagai pusat perekonomian, Jakarta akan tetap punya peran strategis, tidak hanya di tingkat nasional, namun di Kawasan Asia Tenggara.

Karena itu, Jakarta membutuhkan pemimpin yang mampu menjaga proses transisi tersebut sekaligus menjaga posisi strategisnya di tingkat global.

"Pilgub Jakarta 2024 ini bersejarah. Kita berada di titik yang menentukan, mau kita apain Jakarta ini? Mau diapain warga segitu banyak? Karena itu, Jakarta membutuhkan pemimpin yang tepat untuk melewati masa transisi ini, dan saya pikir Ridwan Kamil adalah sosok yang tepat," ujar Anggota DPD RI terpilih dari Jakarta Achmad Azran dalam dialog dengan Relawan Kita (RK) di Jakarta Timur, melalui keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Azran dikenal sebagai pengusaha properti yang aktif di organisasi Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) sejak 2002. Ia juga aktif di Dewa Masjid Indonesia (DMI) dan Nahdlatul Ulama. Pada Pemilu 2024, Azran terpilih menjadi satu dari empat anggota DPD RI mewakili Jakarta.

"Sebagai anak Betawi, dan sudah lebih dari 20 tahun berkiprah di organisasi dan komunitas Betawi, saya menangkap kegelisahan masyarakat Betawi terhadap masa depan Jakarta. Ini kurang dibahas oleh para pimpinan nasional ketika membahas ibu kota negara. Yang dibahas hanya ibu kota yang baru, mantan ibu kota mau dikemanain?," tanyanya dengan logat Betawi yang khas.

Oleh karena itu, lanjut Azran, Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 harus dimanfaatkan secara maksimal untuk melahirkan pemimpin yang mampu membawa Jakarta melewati masa transisi dengan tetap mempertahankan pamor kota bersejarah ini. Dari sejumlah nama yang kini beredar, Azran menjatuhkan pilihannya kepada Ridwan Kamil.

"Saya merasa dekat dan sejalan dengan pemikiran Ridwan Kamil. Saya juga dekat dengan teman-teman Relawan Kita yang selama ini mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. Saya satu visi dengan RK," tambah Azran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirikan Rumah Aspirasi

Sebagai wujud komitmennya menjadi wakil rakyat, Azran mendirikan rumah aspirasi Sarana Informasi Achmad Azran Peduli (SIAAP) di seluruh kota di Jakarta untuk dimanfaatkan warga yang berjumlah 8,25 juta untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Ketua Harian SIAAP Acep Edy Setiawan yang hadir dalam dialog tersebut menyampaikan kesiapan SIAAP bersinergi dengan RK dalam pilgub Jakarta.

"Sebagai senator terpilih, saya tidak bicara kepentingan politik partai tertentu. Saya mewakili warga dan komunitas yang pada pemilu lalu menitipkan amanat kepada saya," ucap dia.

"Ridwan Kamil dengan latar belakang keilmuan dan rekam jejaknya selama memimpin Bandung dan Jawa Barat adalah sosok yang tepat memimpin Jakarta," tandas Azran.

Sementara itu, Sekretaris Umum RK Arif Priambodo menyambut baik dukungan Azran kepada Ridwan Kamil.

"Bang Azran merupakan tokoh yang berakar kuat di komunitas Betawi. Kami berterima kasih atas dukungan ini. Apalagi dukungan Bang Azran didorong oleh persamaan dan pertemuan pemikiran, buka faktor-faktor emosional semata. Ini akan menguatkan gerak Relawan Kita dan Ridwan Kamil di pilkada Jakarta," ujar Arif.

Relawan Kita (RK) adalah komunitas pendukung Ridwan Kamil dalam pilkada Jakarta 2024. Kelompok ini melakukan konsolidasi pertama pada HUT Jakarta 22 Juni 2024.

Ridwan kamil yang hadir dalam acara tersebut menyatakan, Jakarta butuh perubahan dan perubahan itu hanya bisa dibawa oleh pemimpin yang memiliki imajinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.