Sukses

Pengamat Nilai Eman Suherman Diharapkan Maju Pilkada 2024 dan Jadi Bupati Majalengka

Pengamat Politik Citra Institute Efriza menilai, dukungan untuk Eman Suherman terus menguat dari berbagai lapisan masyarakat maju di Pilkada 2024 sebagai Bakal Calon Bupati (cabup) Majalengka.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Bupati (cabup) Majalengka Eman Suherman terus mendapatkan dukungan untuk memimpin Majalengka di periode kepemimpinan selanjutnya yaitu pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Eman Suherman dinilai sebagai harapan baru untuk Majalengka lebih baik.

Pengamat Politik Citra Institute Efriza menilai, dukungan untuk Eman terus menguat dari berbagai lapisan masyarakat. Ia menuturkan, kini Eman jadi harapan baru lantaran masyarakat Majalengka ingin ada perubahan di pemerintahan.

"Ini menunjukkan figur Eman memang diharapkan masyarakat untuk bertarung di Pilbup Majalengka dan mengalahkan petahana," ujar Efriza melalui keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Lebih lanjut, Efriza menegaskan, dukungan dari akar rumput di Majalengka kepada Eman tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu, kata dia, lantaran Eman sudah banyak mengakselerasi kebijakan pro rakyat dan memberikan manfaat.

Oleh karena itu, Efriza meyakini peluang Eman untuk bisa mengalahkan petahana dan kandidat lain terbuka lebar. Dia menilai, figur bersih, sederhana, dan berprestasi membuat Eman banyak digandrungi seluruh lapisan masyarakat.

"Saya melihat hanya Eman yang bersemangat pada kontestasi Pilbup Majalengka 2024 dan ini terus menguat," jelas Efriza.

Sebelumnya, kontestasi Pemilihan bupati (Pilbup) Majalengka terus memunculkan banyak kejutan. Terbaru, dalam hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia periode survei 5-11 Juli 2024, Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka Eman Suherman menduduki peringkat pertama.

Pengamat Politik Universitas Katolik Parahyangan Kristian Widya Wicaksono menilai derasnya dukungan kepada Eman membuatnya semakin kokoh berada di peringkat pertama. Adapun di posisi kedua adalah petahana mantan Bupati Majalengka Karna Sobahi.

"Hasil survei secara empiris menunjukkan tingkat elektabilitas seorang tokoh. Secara hitungan matematis, peluang tokoh ini untuk terpilih dalam kontestasi Pilkada menjadi lebih terbuka. Hal ini tentunya berlaku juga untuk Eman Suherman dalam Pilkada Kabupaten Majalengka," kata Kristian, melalui keterangan tertulis, Rabu 31 Juli 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei Indikator Politik Eman Suherman Unggul Jelang Pilkada Majalengka 2024, Pengamat Minta Tak Berpuas Diri

Dia menjelaskan, jika dilihat berdasarkan data yang telah dirilis Indikator, Eman Suherman berada di posisi pertama survei elektabilitas bakal Calon Bupati Majalengka 2024-2029. Eman berhasil unggul dari kandidat lainnya.

Di dalam survei tersebut, Eman bercokol di urutan teratas dengan total dukungan mencapai 37,4%. Kemudian, diikuti Karna Sobahi yang berada satu tingkat di bawahnya dengan 28,7%.

"Peluang Eman untuk terpilih menjadi bupati Majalengka semakin besar. Eman dinilai punya pengalaman brilian untuk memimpin Majalengka periode selanjutnya," ucap Kristian.

Oleh karena itu, Kristian menegaskan, Eman terlebih dahulu tak berpuas diri. Namun, ia menekankan, agar Eman bisa terus terjun langsung ke masyarakat agar dukungan kepadanya semakin menguat.

"Sekarang yang penting bagi Eman adalah mengembangkan basis dukungannya agar volumenya semakin membesar sehingga hasilnya bisa dituai menjelang pemilihan kepala daerah," tandas Kristian.

 

3 dari 3 halaman

Kinerja Cemerlang, Eman Suherman Disebut Sosok Tepat jadi Bupati Majalengka

Bakal Calon Bupati (Cabup) Eman Suherman dinilai sebagai sosok tepat untuk menjadi Bupati Majalengka periode berikutnya. Dengan kinerja cemerlang, Eman punya kompetensi untuk membuat Majalengka jadi lebih maju dari saat ini.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Lemahsugih, Mahdi Mubarok mengatakan Eman memiliki kompetensi untuk memimpin Majalengka. Karenanya, banyak masyarakat yang semakin solid memberikan dukungan terhadap Eman.

"Saya rasa Pak Eman sudah ideal saat menjadi Sekda, apalagi menjadi bupati itu cocok," kata Mahdi dikutip Selasa 30 Juli 2024.

Rekam jejak Eman selama berkarier di pemerintahan memberikan banyak dampak signifikan bagi masyarakat Majalengka. Kerja nyata tersebut membuat Eman menjadi pemimpin pro dengan rakyat kecil.

Tercatat, saat Eman menjabat sebagai Kepala Dinas BMCK hingga menjadi Sekda, banyak infrastruktur yang telah dibenahi. Mulai dari perbaikan Jalan Jati 5, pelebaran jalan di Majalengka bagian Selatan hingga pembangunan Gelanggang Generasi Muda (GGM).

Kemudian, saat menjadi Sekda, Eman banyak melakukan kolaborasi bersama dengan Baznas dan Pramuka Majalengka. Kolaborasi tersebut menghasilkan program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) yang menyasar masyarakat Majalengka dengan hunian tidak layak.

Maka dari itu, Mahdi menuturkan, Eman sangat ideal untuk menjadi Bupati Majalengka selanjutnya. Kepemimpinan yang sudah teruji dan berprestasi membuat Eman layak menjadi orang nomor satu di Kota Angin.

"Dengan rekam jejak Pak Eman mulai dari camat dan menjadi Sekda justru itu suatu kebanggaan buat kita masyarakat Majalengka," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.