Sukses

Golkar Akui Sudah Beri Surat Dukungan Kepada Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jawa Tengah

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, partainya sudah sudah memberikan surat dukungan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk di Pilkada Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, partainya sudah sudah memberikan surat dukungan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk di Pilkada Jawa Tengah.

"Kami sudah putuskan bahkan sudah kasih surat dukungan kepada Pak Ahmad Luthfi," kata Doli, saat konferensi pers di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (8/8/2024).

Perihal cawagub Ahmad Luthfi, Doli mengatakan, akan dibahas usai urusan Ahmad Luthfi di kepolisian selesai.

"Tinggal kan satu soal proses alih posisi Pak Luthfi dari kepolisian ke birokrasi, saya enggak tahu sudah selesai atau belum gitu ya. Dia masuk ke kementerian mana gitu nah kemudian nanti tinggal dibicarakan siapa yang jadi wakilnya," ujar dia.

Saat ditanya, apakah Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bakal dipasangkan dengan Ahmad Luthfi, Doli menyebut keputusan tersebut tergantung pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya tergantung PSI dan tergantung pak Kaesangnya, kalau beliau mengusulkan kan sekarang masih belum putus, ada yang menyebutkan Jakarta, ada yang bisa di Jateng jadi itu tergantung nanti pada saat pembicaraan di level KIM apakah masing-masing parpol sudah mengusulkan nama kader atau pimpinannya masing-masing," imbuh Doli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaesang Segera Beri Rekomendasi Dukung Ahmad Luthfi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarepmemastikan, partainya akan memberikan rekomendasi dukungan di Pilkada Jawa Tengah kepada Ahmad Lutfhi.

Menurut dia, rekomendasi itu akan disampaikan secara resmi dalam waktu dekat.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya Jawa Tengah ini rekomendasi dari PSI akan segera kami berikan kepada Bapak Ahmad Luthfi," kata Kaesang di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Saat ditanya soal Pilkada Jakarta, Kaesang mengaku masih menimbang-nimbang. Namun jika dirinya mendapat kepercayaan dan mandat rakyat, dia menegaskan siap maju meski lawannya adalah Anies Baswedan atau pun Ridwan Kamil sekali pun.

"DKI (Jakarta) kita sambil masih menunggu, saya sendiri seperti yang Gus Imin bilang, masih istikharah tapi ketika ada permintaan dari masyarakat khususnya DKI saya siap untuk melawan Pak Anies Baswedan, saya pun juga siap untuk melawan Pak Ridwan Kamil," tegas Kaesang.

3 dari 3 halaman

Tunggu Perkembangan

Sebelumnya diberitakan, saat dikonfirmasi terpisah, Sekjen PSI Raja Juli Antoni enggan menjelaskan lebih detil pernyataan Kaesang soal melawan Anies dan Ridwan Kamil di Jakarta. Namun sebagai bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), partainya siap ikut komando.

"Ya tunggu dulu perkembangannya. Sekali lagi ditegaskan sikap PSI secara umum akan mengikuti garis dari KIM," kata Raja Juli seperti dikutip Selasa (6/8/2024).

Raja Juli memastikan, sampai hari ini belum ada keputusan definitif dari PSI soal kemana arah dari sang ketua umum di Pilkada 2024. Namun dia berharap, apa pun hasil finalnya adalah sebuah kesepakatan bersama antara PSI dan KIM.

"Apapun keputusannya, mudah-mudahan diputuskan secara kolektif. Kalaupun ada beda-beda, ya di sana sini, ya itu bagian dari demokrasi. Tapi pada intinya, Mas Kaesang nanti mau di Jakarta, Jateng, kita minta itu merupakan keputusan bersama dari KIM," Raja Juli menandasi.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.