Sukses

Pasangan Terkuat, Khofifah-Emil Punya Sumber Daya Besar Menangkan Pilgub Jatim

Sebanyak delapan partai yang sudah menyatakan dukungan kepada Khofifah. Solissa melihat, hal itu berdampak pada kekuatan keduanya menjelang Pilgub Jatim 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dinilai sebagai pemimpin terkuat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Pasalnya, keduanya memiliki elektabilitas yang cukup mentereng sehingga sulit untuk disalip oleh lawan politik.

"Khofifah dan Emil itu sudah memiliki sumber daya elektoral yang signifikan," ucap Direktur Eksekutif Partner Politik Indonesia Abubakar Solissa, Kamis (8/8/2024).

Tak hanya itu, Solissa juga melihat kekuatan mesin politik Khofifah-Emil juga sangat besar. Keduanya telah didukung oleh partai koalisi yang sangat kuat di Jatim.

Sebanyak delapan partai yang sudah menyatakan dukungan kepada Khofifah. Solissa melihat, hal itu berdampak pada kekuatan keduanya menjelang Pilgub Jatim 2024.

Delapan partai tersebut adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PSI, dan PKS, serta satu partai non-parlemen, Perindo.

"Khofifah dan Emil juga didukung oleh Koalisi super jumbo yang membuat peluangnya kemenangan semakin besar," ujarnya.

Diketahui, dalam survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) periode 1-12 Juli 2024, Khofifah-Emil disimulasikan secara head to head oleh pasangan Tri Rismaharini dan Kiai Marzuki Mustamar.

Terlihat elektabilitas Khofifah-Emil berada di angka 57.9 persen, sedangkan Risma-Marzuki mendapat 27,2 persen. Hasil tersebut mengukuhnya kekuatan Khofifah-Emil sebagai pasangan petahana dengan potensi kemenangan tertinggi.

"Keduanya menjadi pasangan dengan kekuatan dan potensi kemenangan yang besar," pungkas Solissa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Peningkatan SDM di Jatim

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk melanjutkan upaya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Jatim. Ia berusaha untuk terus memajukan SDM Jatim jika diberikan amanah oleh rakyat untuk kembali memimpin di periode kedua.

"Saya tetap melihat peningkatan SDM (di Jatim) itu harus didorong," ucap Khofifah, Rabu (7/8/24/2024).

Khofifah melihat, SDM Jatim harus diperkuat agar bisa bersaing dengan daerah-daerah lain. Bahkan, ia ingin rakyat Jatim bisa mendominasi provinsi lain dari segi kualitas SDM.

Menurut Khofifah, itu adalah poin-poin penting untuk mencapai kemajuan. Ia melihat Jatim bisa semakin maju seiring dengan semakin meningkatnya kualitas SDM yang dimiliki.

"Kita melihat daya saing, daya inovasi, itu menjadi bagian-bagian penting," ujarnya.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 tersebut menekankan pentingnya peningkatan index competitiveness dan index innovation. Ia menilai, keduanya juga tak kalah penting untuk kemajuan Jatim.

Index tersebut tentu saja membutuhkan SDM yang berkualitas. Maka dengan itu, Khofifah mengupayakan untuk terus meningkatkan SDM demi kemajuan Jatim.

Point-point tersebut akan menjadi fokus utama Khofifah jika kembali dipercaya oleh masyarakat untuk kembali memimpin. Dengan begitu, Jatim bisa menjadi provinsi pertama yang mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

"Index Competitiveness dan index innovation tetap jadi bagian sangat penting, dan itu harus didorong oleh SDM," tuturnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini