Sukses

Demokrat Beri Rekomendasi Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri Maju Pilkada Papua

AHY mengatakan, Irjen Mathius akan segera bebas tugas dari Korps Bhayangkara pada saat pendaftaran Pilkada Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan rekomendasi dukungan kepada Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Wakilnya Aryoko Rumaropen untuk Pilkada di Provinsi Papua.

“Beliau ada di depan karena masih terikat dalam sebuah ikatan dinas, Kapolda Papua yang akan kami usung yaitu bapak Irjen Polisi Mathius Derek Fakhiri,” kata AHY saat acara penyerahan rekomendasi di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

AHY mengatakan, Irjen Mathius akan segera bebas tugas dari Korps Bhayangkara pada saat pendaftaran Pilkada Papua. 

“Pada saatnya benar-benar setelah bebas tugas dari Kepolisian Republik Indonesia. Beliau akan penuh dedikasi berjuang menjadi calon gubernur dan mensejahterakan masyarakat di Papua,” kata dia.

AHY menjelaskan alasan dukungan Partai Demokrat kepada Irjen Pol, Mathius Fakhiri karena rekam jejak yang baik membangun tanah kelahirannya Papua.

“Sebagai perwira tinggi Polri dan juga memiliki kepedulian membangun tanah kelahirannya. Saya yakin beliau bisa menghadirkan rasa aman tadi termasuk memajukan Papua semakin baik kedepannya,” ujarnya.

Sementara untuk wakilnya Aryoko, lanjut AHY, dia adalah kader dari Partai Demokrat yang akan siap mendampingi Irjen Pol, Mathius Fakhiri untuk mengelola Provinsi Papua yang kaya dengan sumber daya Alam.

“Pasangan bapak Fakhri dan bapak Aryoko ini menjadi pasangan yang Insyaallah ideal dan juga Insyaallah menghadirkan harapan baru untuk masyarakat Papua ke depan,” sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandidat Calon Kepala Daerah yang Diusung Demokrat

Selain Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Aryoko ada juga enam kandidat Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung Partai Demokrat;

1. Bakal Calon Gubernur Kalimantan Utara Yansen Tipa Padan dan Wakilnya Mayor TNI Purn, Suratno

2. Bakal Calon Gubernur Bengkulu Helmi Hasan dan Wakilnya Hj. Mian

3. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan wakilnya Vasko Ruseimy

4. Bakal Calon Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor dan Wakilnya Hadi Mulyadi

5. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Suhardi Duka (SDK) dan Wakilnya, Mayjen Purn. Salim S. Mengga

6. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sumatera Utara Bobby Afif Nasution dan Wakilnya Surya

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini