Sukses

Zulhas Ungkap Alasan Banyak Parpol Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengungkapkan, alasan banyak partai politik mendukung Bobby Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengungkapkan, alasan banyak partai politik mendukung Bobby Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara 2024.

Sejauh ini, beberapa partai sudah mendeklarasikan mendukung menantu Presiden Jokowi itu pada Pilkada Sumut 2024, mulai dari Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar, Partai NasDem, dan Partai Kebangkitan Bangsa dan yang terbaru adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Ya kalau dukungan banyak artinya populer, karena kalau takut kalah, ya dukung," kata Zulkifli Hasan dilansir dari Antara, Jumat (9/8/2024).

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menilai, Bobby Nasution memiliki elektabilitas tinggi di Sumut dan memiliki pengalaman memimpin Medan, sehingga banyak parpol yang mendukung suami Kahiyang Ayu tersebut maju Pilkada Sumut.

"Kami mendukung Bobby dari awal, mudah-mudahan nanti semua lancar," ujar Zulhas.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali memastikan partainya siap mengusung Wali Kota Medan, Bobby Nasution maju di Pilgub Sumatera Utara 2024.

Hal ini diungkapkan Zulhas setelah menerima Bobby Nasution di Jakarta. Zulhas menilai, Bobby memiliki kinerja yang baik saat menjadi Wali Kota Medan. Bahkan, Zulhas menyebut Medan berkembang pesat di bawah kepemimpinan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Menteri Perdagangan itu optimis Bobby bisa memenangkan pilkada dan menjadi Gubernur Sumut serta mampu memimpin Sumut dengan baik.

"PAN yakin Insyaallah nanti Bobby akan terpilih menjadi Gubernur Sumut dan memimpin Sumut dengan baik," kata Zulhas di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Dukungan serupa sebelumnya pernah disampaikan Zulhas kepada Bobby saat bertemu di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada akhir tahun lalu.

Zulhas saat itu memberi restu dan yakin Bobby bisa menjadi pemimpin yang pas untuk Sumut jika memenangkan Pilkada 2024 nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Resmi Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara 2024

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri membeberkan alasan partainya lebih memilih Bobby Nasution daripada Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara 2024.

Dia menuturkan, partainya sudah menjalin komunikasi dengan Edy Rahmayadi dua bulan lamanya, di mana meminta mencari partai lain untuk berkoalisi dan deklarasikan dirinya maju di Pilkada Sumatera Utara. Namun, Maburi mengungkapkan, Edy Rahmayadi tak bisa menjalankan syarat tersebut hingga waktu yang ditentukan.

"Sudah dua kali deadline diperpanjang beliau (Edy Rahmayadi) enggak bisa bawa partai lain untuk mendukungnya," kata dia, saat dikonfirmasi, Minggu (4/8/2024).

Mabruri pun mengatakan, setelah Edy Rahmayadi tak bisa menjalankan syarat tersebut, PKS berkomunikasi dengan Bobby Nasution.

PKS juga mengajukan sembilan keinginan kepada Bobby, dan dia menyanggupi untuk melaksanakan jika menang di Pilkada Sumatera Utara.

"Walhasil kita komunikasi dengan Bobby Nasution. Ketika ada sembilan keinginan PKS yang dijalankan kalau Bobby Nasution menang pilkada yang bersangkutan langsung tanda tangan," jelas dia.

"Atas dasar kesepahaman itu akhirnya DPP PKS memberikan SK dukungan kepada Bobby Nasution," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini