Sukses

4 Partai Usung Maesyal-Intan di Pilkada Kab Tangerang 2024, Dukungan Dinilai Makin Solid

Dukungan partai-partai tersebut dinilai karena melihat peluang besar dalam koalisi yang dibangun Maesyal-Intan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Konsolidasi dan dukungan politik kepada Moch Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah sebagai calon bupati dan wakil bupati Tangerang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kian menguat. Setelah Partai Gerindra, dukungan datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan NasDem.

Kombinasi dukungan dari keempat partai besar tersebut menunjukkan Maesyal-Intan dipandang sebagai pasangan yang memiliki potensi besar untuk memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024. Apalagi, spekulasi dukungan tambahan, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bahkan Golkar, semakin menguat. 

Dukungan partai-partai tersebut dinilai karena  melihat peluang besar dalam koalisi yang dibangun Maesyal-Intan. Jika spekulasi ini benar dan dukungan dari partai-partai tersebut terealisasi, Maesyal-Intan akan memiliki koalisi yang hampir tak tertandingi. Direktur Riset dan Pemenangan PatraData, Hasmin Aries Pratama, menilai, dukungan yang terus meluas menunjukkan adanya konsolidasi kekuatan politik yang semakin signifikan di belakang Maesyal-Intan.

"Dukungan dari Gerindra, PKS, dan yang terbaru dari PAN, menunjukkan adanya konsolidasi kekuatan politik yang kuat di belakang pasangan ini. Saya yakin partai-partai lain akan mengikuti langkah PAN," katanya, Jumat (9/8/2024).

Hasmin melanjutkan, fenomena ini sebagai bentuk konformitas politik, di mana partai-partai mulai melihat Maesyal-Intan sebagai calon yang paling berpotensi menang. 

"Kondisi ini menunjukkan bahwa Maesyal-Intan berhasil membangun koalisi yang solid, yang tentunya akan memberikan keuntungan dalam hal logistik, strategi kampanye, serta daya tawar politik," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Diprediksi Bakal Bertambah

Dengan dukungan yang semakin kokoh dari berbagai partai, Maesyal-Intan semakin kuat dalam persaingan menuju Pilbup Tangerang. Dukungan ini diperkirakan bertambah seiring berjalannya waktu.

Diketahui, DPP Partai Gerindra merekomendasikan Maesyal-Intan sebagai calon bupati-wakil bupati Tangerang pada Pilkada 2024 pada 1 Juli lalu. Beberapa pekan kemudian, dukungan senada diberikan PKS.

Pada 6 Agustus silam, giliran PAN yang menerbitkan rekomendasi untuk Maesyal-Intan. Pertimbangannya, pasangan yang sangat potensial dan tepat serta diyakini dapat membuat Kabupaten Tangerang lebih baik.

Partai NasDem pun akhirnya mendeklarasikan dukungan kepada Maesyal-Intan pada hari ini. Langkah tersebut dilakukan seiring terbitnya rekomendasi dari DPP NasDem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.